Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tentang Kami

dapurremaja.com adalah salah satu portal website Dapur Remaja Radio dengan frekuensi 107,8 FM selain menyuguhkan hiburan, music, berita radio, di sini kami berusaha memberikan pelayanan warga dengan menggunakan berita online untuk kota Depok dan sekitarnya, kami berusaha menyuguhkan berita-berita terbaru melalui tim liputan Dapur Remaja Radio.

Tidak cuma menyuguhkan berita dari dalam negeri, dapurremaja.com juga menyuguhkan kabar-kabar terbaru dari dunia internasional. Dengan dukungan dari tim yang solid, kami akan berusaha menjadi salah satu kiblat web berita di Indonesia.

dapurremaja.com berada di bawah naungan YAYASAN ACSES dengan Nomor Izin Kementrian Hukum dan Ham RI AHU-0026301.AH.01.04.Tahun 2016 tentang pengesahan dan pendirian badan hukum Yayasan Acses.

dapurremaja.com  juga sudah mempunyai tampilan versi mobile dengan begitu pembaca dapurremaja.com yang menggunakan perangkat mobile bisa lebih nyaman saat membaca berita-berita terbaru dari kami.

Untuk sosial media kami sudah mempunyai official page untuk Facebook dan  Twitter sehingga interaksi antara dapurremaja.com dengan pembaca bisa berlangsung setiap saat.

Oleh karena itu, kami berupaya menerapkan standar journalist integrity, Profesional dan berkualitas dalam mengabarkan peristiwa lokal, nasional dan internasional. Selain hadir di layar komputer pribadi anda, media ini bisa diakses melalui telepon seluler atau PDA dan juga sambil mendengarkan music streaming

Penasehat Hukum

KH.Mukhlis Effendi, S,H, M.H,CLA,CIL

Pimpinan Perusahaan

– Dede Nurdiansyah

Kepala Staf Pemasaran

– Cahyu Dianti

Pemimpin Redaksi

– Supiyadi Ahmad

Mengelola Editor

– Danil Ahmadika

Editor

– Adi onez

Reporter & Foto Jurnalis

– Adi Onez

–    Dasuri Asman

–  Cahyu Dianti

Struktur Biro & Agen :

Bogor

Bekasi

Jakarta

 Dasuri

Tangerang

IT Manager

– Damsiki

Web Admin

– Idham

Design Grafis

– Miko Tambayong

Staf produksi

– Zendriansyah

Komunikasi Pemasaran / Pengembangan Masyarakat

– Ria Rosalina

– Saiful Anwar

PROFIL DAPUR REMAJA RADIO

Perusahaan                             :  Lembaga Komunitas Dapur Remaja Radio

Kep. Menkumham : No. AHU- 0009240.AH.01.07.TAHUN 2017

N.P.W.P                              :   82. 146. 460. 9-448. 000

Izin Siaran Radio (ISR)          :  01945903-000SU/2020172022

Izin Peneyelenggaraan Penyiaran (IPP)  :  52/RF.03.02/2017

Alamat                                :  Jl. Masjid Jami Nurul Yaqin, Gang

Musholah Nurul Ikhsan No. 18, Kp. Kebon

Cinangka, Sawangan Depok (16516)

Nama Panggilan                       :  Dapur Remaja Radio (DR)

Frequensi                                   :  107,8 FM

Mode                                            :  Stereo

Daya RF terpasang                    :  5000 Watt

Antenna                                     :  Omni Directional 4 bay pada ketinggian

30 Meter.

Covered Area                              : Kota Depok dan daerah wilayah

sekitarnya, Tangerang, Bogor, Jakarta

Jam Siaran ( 21 Jam/ hari)         : Dari jam 06.00 hingga jam 2.00 wib.

Aspek Pendirian

Angin Reformasi yang bertiup di Istana Negara Jakarta telah menjatuhkan kekuasaaan rezim otoriter Orde Baru. Soeharto mundur tanggal 21 Mei 1998. Dari sini angin itu berhembus kencang hingga kantor Menteri Penerangan, tempat media penyiaran dikendalikan. Dalam tempo tidak lebih dari enam bulan keluar SK Menpen No. 134/1998 yang menghapus semua aturan ketat materi siaran radio. Pada tahun 1999 Departemen Penerangan dilikuidasi oleh presiden Abdurrahman Wahid dengan alasan penerangan adalah urusan masyrakat. Likuidasi ini otomatis mencabutsemua kewenangan yang dimiliki lembaga itu dalam UU No. 24/1997 tentang Penyiaran. Sejak itu dimulailah masa – masa kebebasan tanpa regulasi dalam dunia penyiaran hingga disahkan UU No. 32/2002 tentang Penyiaran. Pada masa tersebut jumlah stasiun radio komersial meningkat tajam, setajam materi inpormasi yang disajikan. Radio memasuki masa keemasan sebagai ”media berorientasi pasar”.

Reformasi radio artinya perubahan secara mendasar stuktur kepemilikan, visi, misi, orientasi, dan format siaran radio. Selama rentang waktu tahun 1998-2003 reformasi itu terjadi dalam tiga aras. Pertama, pelepasan kendali sosial- ekonomi dan politik radio dari kewenangan penuh pemerintah kepada pihak swasta, kepada mekanisme pasar atau control internal media penyiaran.

Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan teknologi Informasi di Indonesia, maka dipandang perlu tersedianya fasilitas media komunikasi yang dapat di tangkap oleh khalayak. Sebagai mediator aspirasi masyarakat yang dimulai dari kalangan bawah kepada lingkungan sosialnya.

Sebagai institusi dalam ruang publik, radio berinteraksi dan kadangkala berposisi dependen terhadap kekuatan diluar dirinya, terutama kekuatan ekonomi dan politik sehingga menjauhkannya dari nilai-nilai social. Akibat motivasi pengelola untuk mencari keuntungan maka radio lebih tampak sebagai institusi komersial murni ketimbang institusi yang netral atau bersifat selektif.

Dapur Remaja Radio sebagai intitusi sosial yang berkembang dinamis, begitu banyak harapan masyarakat di lingkungannya, diharapkan lembaga penyiaran ini sesuai dengan dinamika pendengar yang semakin kritis dan dinamika kehidupan yang makin kompleks. Tetapi tidak sekedar menghibur dan menjauhkan pendengar dari realitas yang harus mereka pecahkan secepatnya.

Dengan kerja keras dan tekad bulat dari masyarakat setempat yang mengharapkan adanya suatu media yang dapat menyampaikan aspirasi dinamika dan harapan mereka dalam mencapai suatu tujuan hidup, maka misi utama Radio Komunitas Depok adalah untuk  Menyebarluaskan informasi dan hiburan yang membuat optimisme serta menjalin interaksi dialogis antar pendengar. Menjalin komunikasi untuk saling berkarya, mengubah berbagai persepsi dan kecurigaan yang tidak perlu.

Peran sosial radio dimasa yang akan datang diharapkan dapat mengaktualisasikan hal-hal sebagai berikut : Menyegarkan memori pendengar terhadap peristiwa aktual dan momentum yang penting bagi kehidupan mereka, mengagendakan masalah-masalah sosial agar menjadi isu dan keprihatinan bersama ketimbang masalah personal.

Maksud dan Tujuan

Dapur Remaja Radio , Station Community didirikan dengan maksud dan tujuan  :

  • Memberikan Layanan penyiaran radio komunitas bagi komunitas Dapur Remaja.

Visi

  • Menjadi stasiun radio komunitas Masyarakat kota Depok dengan memberikan Layanan informasi dan pendidikan yang berkarakter, kritis dan edukatif dengan nuansa menghibur.

Misi

  • Menciptakan radio yang memberi sentuhan human interest dalam setiap programnyak. Dapur Remaja Radio ingin menjadi radio yang memiliki karakter tersendiri, sehingga sebagai radio misi informasi tetap ada, misi hiburan juga ada akan tetapi tidak berpolitik. Dapur Remaja Radio ingin menjadi media yang netral dan memiliki nilai (Tidak bebas nilai).
  • Menciptakan radio yang bernuansa religi tanpa harus menghilangkan nilai-nilai modernitas di masyarakat, artinya Dapur Remaja Radio mengikuti perkembangan Zaman dengan seksama tapi juga tidak seolah-olah ditelan mentah-mentah karena dalam beberapa hal harus ada filter atau resistensi untuk menerima berbagai hal tentang modernitas hal itu
  • adalah moralitas dan agama. Untuk itulah dengan sentuhan nuansa religi insya Allah Dapur Remaja Radio akan menjadi katalisator bagi masyarakat dalam menerima modernitas tanpa menghilangkan nilai-nilai moralitas dan agama.
  • Mengedepankan musik dalam negeri sebagai tuan rumah dinegeri sendiri dan menghargai karya-karya musisi dalam negeri.

Rencana Kerja

Program Tahunan

a. Menciptakan Image Dapur Remaja Radio sebagai Institusi Sosial

Tujuan yang ingin dicapai adalah menciptakan Radio yang memiliki kode etik berupa sikap objektif, seimbang, informasi yang edukatif, serta pertimbangan yang selalu memperhatikan dampak positif dan negative sebuah acara.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  

  • Meningkatkan rating dan jumlah pendengar dengan adanya data yang        menunjang

Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya saing dengan radio lain. Untuk itu diperlukan data penunjang untuk dapat mengukur hasil yang telah dicapai. Hasil yang dilihat untuk melihat data pedengar bisa melalui data base yang diupdate melalui sms yang masuk.

c.   Meningkatkan Profesionalitas Kerja Studio

Tujuannya adalah untuk memberikan suguhan acara yang sesuai dengan kebutuhan pendengar yang disesuaikan dengan Prosedur Operasional Standar Siaran.

Kantor Redaksi

DAPUR REMAJA RADIO

Jl. Masjid Nurul Yaqien No. 18 Rt. 02/07, Cinangka, Sawangan, Depok 16516

Phone/WA : 085695712692 – 08567892474

Streaming : www.dapurremaja.net/radio  e-mail : [email protected]