Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sosial

KJD Rescue Gelar Pelatihan Navigasi Darat Dan Radio Komunikasi

Peserta KJD saat pelatihan Navigasi Darat melalui Peta mini

Dapur Remaja Radio| Depok.

KJD ( Komunitas Jendela Depok) Rescue melakukan giat latihan navigasi gunung,hutan sekaligus menyalurkan bantuan berupa Al-Qur’an dan iqro di wilayah Pasir Luhur, Bogor Jawa Barat pada tanggal (6-7/2/2021).

Latihan navigasi darat merupakan pelatihan yang berkaitan dengan belajar cara menentukan suatu tempat dan memberikan bayangan medan, baik keadaan permukaan serta bentang alam dari bumi dengan bantuan peta dan kompas yang gunanya untuk menentukan suatu lokasi atau tempat.

Dengan kegiiatan ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan bernavigasi dan menambah wawasan ketika berada dialam terbuka.

Menurut Simanaji ketua KJD mengatakan Pelatihan Navigasi Darat dan Radio Komunikasi sangat penting bagi setiap anggota KJD dalam melakukan giat operasi SAR gunung,hutan.

“Belakangan ini kan sering terjadi kecelakaan penerbangan, pendakian gunung serta bencana alam, kita berusaha terus melakukan sinergitas ke berbagai instansi terkait dengan kebencanaan dan keadaan yang membayakan manusia, semoga dengan adanya kegiatan ini teman teman KJD dapat memahami dan mengerti dan dapat mengaplikasi dilapangan nantinya,”jelas Simanaji yang akrab di sapa bang Siman.

KJD Berbagi, Warga setempat menerima bantuan Alqur’an dan Iqro

Disamping itu, KJD melakukan kegiatan sosial dengan menyumbangkan beberapa Alqur’an dan Iqro kepada masyarakat setempat.

Dikesempatan lain, Ketua FKP3D Kota Depok Prima Widiyanto menambahkan, KJD Rescue merupakan salah satu komunitas dibawah koordinasi Potensi SAR Depok yang sampai saat ini eksis dalam setiap kegiatan yang sifatnya operasi SAR dan sosial

“mereka solid dan tangguh dengan tim yang memiliki kemampuan dalam bidang pencarian dan pertolongan saat bencana dan musibah lainnya, kata Prima pada Sabtu (6/2/2021).

Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh KJD Rescue diantaranya adalah :

  1. Operasi sar evakuasi pesawat sriwijaya air SJ 182

  2. Banjir bandang di gunung Mas

  3. Pencarian orang hanyut di kali Ciliwung, Condet

  4. pencarian orang hilang di kali ciliwung Kemiri Muka

Sebagai Ketua Potensi SAR Depok berharap kepada semua komunitas, organisasi, LSM yang berada di Kota Depok untuk bisa tetap eksis dalam menjaga Kota Depok dari segala bencana dan kejadian yang tidak kita inginkan.

“bagi KJD Rescue untuk tetap sinergi dan solid juga peka terhadap kejadian yang ada di Kota Depok,”harap Prima.(ogel)

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Sorotan

 Dapur Remaja Radio|Bedahan. Lumbung Pangan kelurahan Bedahan telah mendistribusikan 425 paket sembako kepada posko kampung siaga Covid-19 kelurahan Bedahan, kecamatan Sawangan, Depok .  “Alhamdulillah...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari Baru Pembagian Honor penanggulangan Covid-19 di kelurahan Bojongsari Baru yang dikucurkan melalui anggaran APBD kota Depok, sebesar Rp.100 juta menuai aksi...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Dumek. Laporan: Adi Onez. Ngobrol kita Pagi Ini (Ngopi) adalah sebuah Program Radio Dapur Remaja yang hadir setiap hari dari Senin sampai...

%d blogger menyukai ini: