Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sorotan

Kampung Siaga Covid-19 Garda Terdepan Warga

Dapur Remaja Radio|Beji.

Keberadaan Kampung Siaga Covid-19 se-Kota Depok menjadi garda terdepan pencegahan Coronavirus Disease di masyarakat. Seperti Kampung Siaga Covid-19 di 8 RW, Kelurahan Kukusan Kecamatan Beji. Terus berjibaku lakukan Sosialisasi Pemberlakuan PSBB digencarkan.

Menurut Ketua Satuan Tugas (Satgas) Kampung Siaga Covid-19 Kelurahan kukusan Agus Salim, berbagai program terdapat di Kampung Siaga Covid-19 di wilayahnya. Program dan agenda kegiatan tersebut dilakukan untuk mengedukasi warga seputar pencegahan Coronavirus.

“8 RW kami sudah melakukan pendataan warga dengan risiko tinggi, seperti lansia, serta orang yang mempunyai riwayat penyakit tertentu,” ujar Agus kepada dapurremaja.com, pada Jumat (17/04/2020), di Kantor Kelurahan Kukusan.

Sementara itu, Lurah Kukusan Jumait usai membagikan dana Kampung Siaga dan dana yang Rp 250 ribu itu mengatakan, di wilayahnya juga sudah tidak ada lagi yang mengadakan kegiatan yang mengundang kerumunan orang. Mulai dari pengajian, rapat, arisan, kebaktian, posyandu, ataupun hajatan. Tidak lupa, imbuhnya, setiap rumah sudah dibagikan cairan antiseptik.

“Kami juga mengadakan aksi bersih lingkungan, menyiapkan tempat cuci tangan di beberapa titik, dan disinfektan di sejumlah fasilitas umum. Kami juga punya tagline menghadapi covid-19 dengan memberikan arahan supaya menghadapinya secara Tenang, Pahami, dan Tanggap (Cepat),” katanya.

Dikatakannya, bagi warga yang membutuhkan konsultasi dengan tenaga psikolog profesional akan difasilitasi melalui para relawan yang tergabung dalam FKKS Beji. Dengan begitu, kesehatan mental warga RW juga terjaga. 

Satgas Kampung Siaga Covid juga telah membuat rumusan tata laksana kasus, apabila warga merasakan gejala Covid-19. Bagi warga yang merasakan gejala, silakan menghubungi call center di 112/119 atau Puskesmas Pengasinan, kemudian warga diminta melaporkan diri ke ketua RT, hasil diagnosa awal via telepon atau WA dengan Puskesmas,” jelasnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Di tempat yang sama Ketua RW 05 Hermadi menambahkan, dengan kekompakan warga, diharapkan bisa menghalau Covid-19 di wilayahnya. Serta selalu menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), tetap di rumah saja.

“Hindari kerumunan, dan selalu memakai masker jika hendak ke luar rumah,” tutur Hermadi seusai menerima bantuan dana kampung siaga dari Lurah Kukusan. (adi).

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari Baru Pembagian Honor penanggulangan Covid-19 di kelurahan Bojongsari Baru yang dikucurkan melalui anggaran APBD kota Depok, sebesar Rp.100 juta menuai aksi...

Sorotan

 Dapur Remaja Radio|Bedahan. Lumbung Pangan kelurahan Bedahan telah mendistribusikan 425 paket sembako kepada posko kampung siaga Covid-19 kelurahan Bedahan, kecamatan Sawangan, Depok .  “Alhamdulillah...

Berita

Dapur Remaja Radio|Pontir. Merasa tidak cocok dengan pemilik Rumah Bersalin dan Kelinik 24 jam Paguyuban warga RT 03 RW 03 Jalan Pendidikan Serua Bulak...