Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sorotan

Bank Sampah Nangka Birona RW 02 Cinangka, Ciptakan Sabun Penghilang Noda Pakaian.

Dapur Remaja Radio| Cinangka.

Bank sampah Cinangka Bersih Indah Merona (Nangka Birona) RW 02, memberikan pelatihan kepada pengurus dan anggota untuk membuat sabun batangan penghilang noda pakaian yang terbuat dari minyak jelanta.

Rohadi, selaku pembina Nangka Birona mengatakan, membuat sabun batangan penghilang noda dari sisa minyak goreng (jelanta), harus membutuhkan kesabaran dan ketekunan, pasalnya, untuk waktu sampai jadi sabun, kurang lebih 1 bulan.

“sementara sabun batangan minyak jelanta yang udah jadi, masih dimanfaatkan pengurus dan anggota, belum dipasarkan untuk umum,”jelas Rohadi saat usai membuat sabun batangan, pada Sabtu (22/2).

Manfaat sabun batangan minyak jelanta,  hanya membersihkan noda di pakaian, tidak untuk rendaman pakaian.

“cara pembuatannya dan bahan cukup mudah, diantaranya, minyak jelanta, soda api, daun pandan dan jeruk nipis,”beber Rohadi yang didampingi Merzy Maramis yang akrab disapa Bu Deni.

Dikatakannya, daun pandan untuk warna dan pewangi, sedangkan untuk jeruk nipis untuk menetralisir soda api. Menurutnya, untuk nilai ekonomi sabun batangan minyak jelanta cukup tinggi, setiap batangnya bisa di jual 15 ribu.

“secara ekonomi penjualan sabun minyak jelanta cukup tinggi, untuk itu Bank sampah nangka birona terus mengembangkan produk sabun, baik dari segi warna, wangi dan kemasan sudah cukup menarik, “ujar Rohadi selaku pembina Nangka Birona RT 02/02 PD bulak Cinangka Sawangan Depok.(nez)

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Berita

Dapur Remaja Radio |Bedahan. Kolam renang waterboom Putri Duyung Depok yang berada di Jalan Bungsan No 50 kelurahan Bedahan Sawangan Depok memberikan promo khusus...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Hiburan

DRR|Cinangka. Ternyata menjadi penyiar itu banyak tantangan dan pengalaman seru, terutama bagi penyiar yang hobi memancing ini, pria asal Garut yang sekarang bermukim dikawasan...

Hiburan

Dapur Remaja Radio| Bedahan Bakalan seru ni, obyek wisata air kolam renang Putri Duyung Depok yang berada di Jl Bungsan kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan,...