Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sorotan

Sumber Mata Air di RT 01/04 Perlu di Manfaatkan Untuk Warga.

Dapur Remaja Radio|Pasir Putih.

Hambali ketua lingkungan RW 04 kelurahan Pasir Putih kecamatan Sawangan Depok, meminta kepada Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Depok, untuk merawat lahan milik pemerintah yang menyimpan sumber mata air. Hal ini dilakukan sebagai upaya pelestarian serta menjaga keberlangsungan sumber mata air di lingkungan tersebut.

“Emang ada itu, di bawah cakep banget itu, adanya di bawah pohon bambu, dulu mah buat mandi warga saat musim panas,”kata Baban panggilan akrabnya.

Untuk itu, sumber air yang ada di RT 01/04 untuk bisa dimanfaatkan warga, agar nantinya tidak tergerus oleh rencana pembangunan alun alun barat (TPA Cipayung-red). Pembelian lahan milik warga yang menyimpan sumber air perlu dilakukan sebagai bagian upaya melindungi keseimbangan alam serta membantu masyarakat, terutama saat musim kemarau.

Lokasi sumber mata air RT 01/04 pasir putih Sawangan Depok

“bahaya untuk warga sekitar kalau sumber air sampe ketutup, apa lagi sampai dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,”kata Baban saat usai meninjau lokasi sumber air bersama Kusno selaku tokoh masyarakat setempat, pada Rabu (19/2).

Ditempat yang sama, Kusno selaku tokoh masyarakat RT 01/04 menjelaskan, sejak tahun 1985 sumber air sudah dimanfaatkan warga Pasir Putih dan Cipayung saat musim kemarau untuk air minum dan mandi.

“bagus banget sumber airnya, murni kalah dah air minum kemasan juga, saya aja minum ga perlu dimasak lagi, seger airnya,”kata kusno sembari memberikan air untuk langsung diminum dari sumber air tersebut.

Kusno berharap, lokasi yang mengandung sumber air bisa di salurkan ke warga, lokasi tersebut harus dilestarikan jangan sampai hilang, setelah dilakukan tester oleh mahasiswa saat itu kandungan air ternyata mengandung pH yang cukup tinggi sehingga layak untuk di konsumsi secara langsung.(nez)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari Baru Pembagian Honor penanggulangan Covid-19 di kelurahan Bojongsari Baru yang dikucurkan melalui anggaran APBD kota Depok, sebesar Rp.100 juta menuai aksi...

Sorotan

 Dapur Remaja Radio|Bedahan. Lumbung Pangan kelurahan Bedahan telah mendistribusikan 425 paket sembako kepada posko kampung siaga Covid-19 kelurahan Bedahan, kecamatan Sawangan, Depok .  “Alhamdulillah...

Berita

Dapur Remaja Radio|Pontir. Merasa tidak cocok dengan pemilik Rumah Bersalin dan Kelinik 24 jam Paguyuban warga RT 03 RW 03 Jalan Pendidikan Serua Bulak...