Connect with us

Hi, what are you looking for?

Peristiwa

Warga Perumahan Tamansari Puri Bali Keluhkan Bajir Akibat Imbas Proyek Pembangunan Perumahan Yukari

Forum RW 11 dan 12 saat rapat bersama terkait masalah banjir di perumahan Tamansari Puri Bali.(foto:dare)

Dapurremaja.com| Bojongsari

Warga Perumahan Tamansari Puri Bali resah akibat banjir dan masuknya hewan buas yang masuk ke pemukiman akibat penutupan pintu air dan adanya proyek pembangunan perumahan Yukari yang menyebabkan volume air jauh meningkat saat hujan datang.

“Sudah bertahun-tahun kami warga RW 11 dan RW 12 Perumahan Tamansari Puri Bali di Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, menderita akibat bencana banjir,”terang ketua RW Subchi Subekti yang di dampingi Mulyono, saat usai menjalankan rapat bersama pengurus forum warga, pada Senin (4/12/2023).

Dirinya menjelaskan terkait seringnya banjir di kawasan perumahan Tamansari Puri Bali mengakibatkan banyak kerugian yang dialami warga diantaranya, rusaknya kendaraan dan rusaknya jalan utama perumahan.

“Selama ini tidak ada solusi konkrit dari pemerintah, karena masalah utamanya tidak pernah terselesaikan, yaitu keberadaan pintu air di ujung jalur sungai yang melintasi perumahan Tamansari Puri Bali yang sudah disalahgunakan oleh oknum untuk kepentingan pribadi sehingga merugikan kepentingan umum yang menyebabkan banjir,”jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, persoalan banjir saat ini juga di picu adanya pembangunan perumahan Yukari oleh PT. Tact Home Indonesia (THI) yang diduga cacat prosedur dalam pembuatan izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

“perumahan kami berada di dataran rendah, memang dari dulu juga sering banjir yang hanya mencapai mata kaki tapi ga separah saat ini, baru aja hujan banjirnya sudah mencapai lutut orang dewasa, pembangunan perumahan Yukari kini justru makin memperparah keadaan. Terkait dengan masalah amdal diakui oleh pengembang karena tidak melibatkan warga RW 11 dan RW 12 yang terdampak langsung dengan proyek perumahan Yukari,”bebernya.

ads-samsat-3

Sambungnya, proyek perumahan Yukari tersebut sebelumnya merupakan daerah tangkapan air yang masuk ke sungai yang ada di Perumahan Tamansari Puri Bali. Forum RW 11 dan RW 12 telah melayangkan surat ke Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan DPRD kota Depok untuk menghentikan sementara pembangunan proyek perumahan Yukari sampai persoalan banjir terselesaikan secara tuntas.

“kami sudah melayangkan surat kepada Pemerintah Kota Depok (Pemkot) Depok dan DPRD Depok untuk melakukan tindakan penghentian sementara selama masalah banjir dan penutupan pintu air yang menyebabkan aliran air tersendat segera bisa di selesaikan, berdasarkan peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP-RI) Nomor 22 tahun 2021 tentang penyelenggaraan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, berdasarkan peraturan, kamilah yang terdampak langsung ”tegasnya.

Dikatakannya, pembangunan proyek perumahan Yuri berada di wilayah RW 04. Dalam segi kerugian yang terdampak langsung akibat proyek tersebut berada di RW 11 dan 12.

“terindikasi berawal dari perizinan yang tidak sesuai prosedur karena kita (RW 11-12) tidak dilibatkan dalam penyusunan amdal yang tiba-tiba amdal itu muncul sebenarnya dampaknya ada tiga RW yaitu RW 04-11-12 dalam amdal itu yang sudah pernah kita buka bersama dalam sesi mediasi di kelurahan bersama Lurah, LPM kemudian amdal itu di buka hanya melibatkan RW 04 sedangkan kami tidak di libatkan,”bebernya.

Bukan itu saja, dampak dari proyek pembangunan juga merusak fasilitas pagar pembatas perumahan yang jebol dan tembok rumah warga akibat dorongan alat berat, di perparah lagi proyek perumahan bekerja sampai dengan jam 24:00 WIB.

“Apabila semua keluhan kami yang sudah kami layangkan melalui surat ke pemerintah kota Depok dan DPRD kota Depok tidak ada respon dari pemerintah selanjutnya kami akan melakukan aksi dan melaporkan atas kelalaian PT. Tact Home Indonesia ke pihak kepolisian yang rencananya akan berlangsung tanggal 9 Desember 2023 kami sudah tidak lagi menunggu repon pemerintah maka kami akan melakukan aksi,”tegasnya.(nez)

Editor: Supiyadi Ahmad

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Berita

Dapur Remaja Radio |Bedahan. Kolam renang waterboom Putri Duyung Depok yang berada di Jalan Bungsan No 50 kelurahan Bedahan Sawangan Depok memberikan promo khusus...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Hiburan

DRR|Cinangka. Ternyata menjadi penyiar itu banyak tantangan dan pengalaman seru, terutama bagi penyiar yang hobi memancing ini, pria asal Garut yang sekarang bermukim dikawasan...

Pemerintahan

dapurremaja| Pasir Putih. Program pemberdayaan masyarakat kelurahan Pasir Putih gelar acara sosialisasi pencehagan penularan HIV pada ibu hamil yang dilaksanakan pada, Selasa (25/7/2023) bertempat...