Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sorotan

Jangan Panik PMK Tidak Menular Pada Manusia

Gambar, Camat Sawangan Anwar Nasihin bersama DKP3 Kota Depok, beserta Jajaran TNI, Polri Lurah saat Monev ke kandang hewan kurban untuk antisipasi penyebaran PMK (foto:Istimewa)

Dapur Remaja Radio| Sawangan.

Salah satu upaya pencegahan penyebaran kasus virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) camat kecamatan Sawangan memberikan perhatian khusus menjelang Idhul Adha 1443 H di wilayah kerjanya.

Bersama DKP3 Kota Depok akan melakukan suntik vaksin bagi sapi yang sehat dan memberikan obat dan vitamin untuk sapi yang sakit, khususnya untuk pedagang sapi kurban Idul Adha.

“sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus PMK yakni dengan memberi vaksinasi kepada hewan ternak yang sehat, sedangkan yang sakit harus di suntik obat dan vitamin,”jelas Anwar Nasihin camat Sawangan usai survey petani khusus jual sapi kurban, pada Kamis (7/7/2022).

Dirinya didampingi oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) kota Depok, lurah Bedahan, lurah Sawangan Baru, kasi pemerintahan kecamatan Wawan, unsur TNI dan Polri untuk kunjungi kandang sapi di kelurahan Bedahan dan Sawangan Baru.

Sementara kandang sapi milik Sauri, Sawangan Baru dan Mayadi Bedahan sudah mengatongi Surat Keterangan Pemeriksaan Hewan (SKPH).Untuk pedagang hewan kurban di pastikan tidak ada yang terjangkit virus PMK.

“dipastikan tidak ada hewan kurban yang terjangkit, awalnya ada tapi sudah sehat usai diberikan obat dan vitamin secara rutin oleh pemilik,”jelas nya.

Anwar mengatakan, kunjungan ke pemilik kandang sapi sekaligus sosialisasi terhadap kesehatan sapi kurban. Untuk pedagang di lapak untuk bisa menjaga jarak antara pedagang hewan kurban lain, sekaligus memberikan pemahaman pedagang apabila menemukan gejala sapi yang kurang sehat.

Dirinya menghimbau kepada warga untuk tidak panik terhadap munculnya penyakit PMK pada hewan ternak (kurban) Karen PMK tidak menular kepada manusia.

“Saat kita mendapati sapi yang sakit terkena PMK dan di potong, kita tidak perlu panik untuk mengkonsumsinya, dengan catatan cara memasak bagian kepala, kaki dan jeroan harus di rebus selama 30 menit, karena penyakit sapi tidak menular ke manusia,”jelasnya.(nez).

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Berita

Dapur Remaja Radio |Bedahan. Kolam renang waterboom Putri Duyung Depok yang berada di Jalan Bungsan No 50 kelurahan Bedahan Sawangan Depok memberikan promo khusus...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Hiburan

DRR|Cinangka. Ternyata menjadi penyiar itu banyak tantangan dan pengalaman seru, terutama bagi penyiar yang hobi memancing ini, pria asal Garut yang sekarang bermukim dikawasan...

Hiburan

Dapur Remaja Radio| Bedahan Bakalan seru ni, obyek wisata air kolam renang Putri Duyung Depok yang berada di Jl Bungsan kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan,...