Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sorotan

2 Hektar Situ Muara Tujuh Bojongsari Nyaris Hilang.

Relawan saat membersihkan Gulma di situ tujuh muara

Dapur Remaja Radio| Bojongsari.

Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Kelurahan Bojongsari, Bojongsari, Depok bersama Juru Situ Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BWSCC), Pokja  Situ Tujuh Muara, ACT Tangsel, dan MRI, serta Komunitas Dayung membersihkan gulma atau Apu-apu yang menutupi sebagian situ pada Minggu (22/8/2021).

Kegiatan Pokdarwis kelurahan Bojongsari yang bertemakan “Membangun Kampung Bersama Orang Sekampung” mengajak kepada masyarakat untuk berpartisipasi secara sukarela bergotong royong ikut membersihkan Situ Tujuh Muara Bojongsari dari ancaman Gulma.

“sekian lama Apu-apu menutupi bagian Situ Tujuh Muara yang berada di bagian selatan dengan luas sekitar 2 hektar khusunya wilayah Pokja 8,9 dan 12,”jelas M Nasar ketua Pokdarwis kelurahan Bojongsari.

Menurutnya persoalan Apu apu dan pelestrian Situ Tujuh Muara harus menjadi perhatian para pihak, baik pemerintah daerah, Provinsi dan Pusat serta masyarakat luas untuk membersihkan gulma tersebut, sehingga pihaknya bersama relawan mengajak masyarakat untuk membersihkan Situ Tujuh Mura dari gulma Pistia stratiotes atau apu-apu.

“Pembersihan ini kami lakukan dengan cara manual yakni mengambil gulma itu langsung dengan tangan dan alat manual yang kami buat, menggunakan galah dengan ujung besi dan sebagainya, agar permukaan Situ tidak lagi tertutup apu-apu” katanya.

Setidaknya dengan peralatan manual dan melibatkan masyarakat serta relawan paling tidak dapat mengurangi gulma tersebut,

“Sebenarnya upaya pembersihan Situ Tujuh Muara dari apu apu juga sudah dilakukan pada tahun 2018 dan 2019, namun apu-apu muncul kembali terbawa angin  dari wilayah Sawangan karena masif dan cepatnya pertumbuhan gulma tersebut di permukaan situ tujuh muara,”jelasnya.

Sementara itu kordinator ACT Lukman Solihin mengatakan ini salah satu mungkin bisa disebut bencana alam karena ditimbulkan dari alam cuma untuk segi bencana bisa mengganngu ekosistem dan utuk kerapihan tatanan sebuah daerah juga ini perlu pembersihan.

“Alhamdullih kami ACT bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan Komunitas Dayung merasa peduli untuk ketertiban kebersihan Situ Tujuh Muara Bojongsari serta keamanan wilayah ini karena bisa jadi orang mengira ini rumput,”bebernya.

Dia mengatakan, untuk kedepannya akan membantu kembali untuk membersihkan Gulma yang ada di Situ bersama Pokdarwis apabila dibutuhkan. Menurutnya kegiatan mengangkat gulma harus tuntas pasalnya perkembangannya sangat cepat untuk tumbuh kembali.

Di tempat yang sama lurah Bojongsari, Ilham mengatakan terimakasih kepada seluruh Masyarakat sekitar situ dan para relawan yang telah melaksanakan kegiatan kerjabakti.

“semoga menjadi perhatian dinas terkait dalam hal ini pemerintah Daerah, Provinsi maupun Pusat, untuk penanganan serius Situ,”pintanya.

Kegiatan bebersih gulma rencananya akan dilaksanakan beberapa pekan Kedeapn dengan mengandalkan anggaran swadaya masyarakat dan beberapa donatur di sekitar Situ Tujuh Muara.(nez)

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Sorotan

 Dapur Remaja Radio|Bedahan. Lumbung Pangan kelurahan Bedahan telah mendistribusikan 425 paket sembako kepada posko kampung siaga Covid-19 kelurahan Bedahan, kecamatan Sawangan, Depok .  “Alhamdulillah...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari Baru Pembagian Honor penanggulangan Covid-19 di kelurahan Bojongsari Baru yang dikucurkan melalui anggaran APBD kota Depok, sebesar Rp.100 juta menuai aksi...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Dumek. Laporan: Adi Onez. Ngobrol kita Pagi Ini (Ngopi) adalah sebuah Program Radio Dapur Remaja yang hadir setiap hari dari Senin sampai...

%d blogger menyukai ini: