Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sorotan

Warga Butuh Aplikasi Berbasis RW Yang di Keluarkan Oleh Disdukcapil Kota Depok

Ketua RW 14 Daud Sulaeman bersama Dosen Unpam saat pelaksanaan pelatihan pendataan warga berbasis Digital (foto,istimewa)

Dapur Remaja Radio| Bojongsari

Dosen Unipersitas Pamulang (Unpam) yang tergabung dalam PKM Dosen Prodi Tekhnik Informatika melaksanakan pelatihan pendataan Penduduk dengan opensid di RW 14 Kelurahan Bojongsari kecamatan Bojongsari, Depok pada Minggu (6/6/2021).

Ir.Atang Susila M.Eng sebagai dosen senior Tekhnik Informatika Unpam mengatakan, begitu antusias warga dalam dalam mengikuti PKM.Tujuan PKM bahwasanya dosen itu mempunyai tiga tugas, yang pertama penelitian yang kedua mengajar dan ketiga mengabdikan ilmunya atau pengetahuannya kepada masyarakat.

“selain itu juga untuk menunjukan Univeritas itu dengan masyarakat satu kesatuan, saling mengisi sehingga bisa berkolaborasi mempraktekan ilmunya utuk masyarakat banyak,”jelas Atang Susila.

Sementara masih di tempat yang sama ketua PKM Dosen Kaprodi Tekhnik Informatika Karno Nano menambahkan, terkait materi PKM Opensid adalah sistem Informasi kelurahan/Desa yang sifaatnya Opensours yang bisa dimanfaatkan sebagai pendataan warga.

“sebennya ini di gunakan lebih luas untuk satu kelurahan/Desa tapi kita perkecil untuk data tingkat RW, manfaatnya adalah yang pertama pendataan kependudukan jadi kita bisa lihat statistik kependudukannya berdasarkan dari umur, pedidikan, pekerjaan, status perkawinan, Agama, jenis kelamin, golongan darah bahkan penyandang catcat, termasuk Aseptor KB,”jelasnya.

Dirinya mengatakan, kondisi saat ini sedang pandemi Covid-19 sehingga dengan melakukan pendataan seperti ini bisa memantau warga yang sedang Isolasi Mandiri (Isoman) dan lain-lain

“Jadi karena kita adalah Dosen Tekhnik Informatika maka PKM sat ini kita memfokuskan pelatihan pendataan Penduduk dalam bentuk Aplikasi yang menyediakan format data warga,”bebernya.

Menurutnya masih kata Karno, dengan menggunakan data aplikasi data statistic warga khususnya RW 14 bisa melihat berbagai informasi melalui aplikasi yang bisa langsung di link melalui media sosial seperti, Facebook, Instagram.

“jadi aplikasi ini mempermudah berbagai informasi bagi warga RW 14 dan umum untuk melihat informasi RW 14, seperti program kerja apa yang bisa masyarakat lihat, berita apa saja yg terjadi dilingkungan RW 14, kemudian ada potensi apa saja yang ada di sini termasuk dengan galeri-galeri Fotonya,”jelasnya.

Ketua panitia PKM berharap kegiatan di RW 14 kelurahan Bojongsari menjadi rol model terkait penggunaan Aplikasi digital pendataan warga.

Sementara, ketua RW 14 Daud Sulaiman sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh PKM Dosen UNPAM di lingkungannya.

“sebenernya dari dulu saya memang berharap ada satu aplikasi data digital untuk warga sehingga kita bisa terus memonitoring jumlah warga dan potensi lainnya, baik dari warga dan potensi lingkungan,”imbuhnya.

Menurut Daud dengan adanya Aplikasi pendataan statistik warga sangat membantu untuk pendataan sebagai ketua lingkungan. Sementara data saat ini yang dimiliki hanya berbentuk hard copy.

“sementara ini data yang kami miliki terkait pendataan hanya berbentuk hard copy sekalipun ada secara Komputerisasi itupun belum dalam bentuk aplikasi, kalo apliksi seperti ini banyak ragam dan manfaatnya dan kitapun di lingkungan bisa memiliki website sendiri semua warga bisa melihat informasi dan berita lingkungan secara online,”terangnya.

Daud meminta kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok pemerintah kota Depok untuk segera membuat aplikasi yang mempermudah akses warga terkait dengan data statistik warga berbasis RW.(nez)

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Sorotan

 Dapur Remaja Radio|Bedahan. Lumbung Pangan kelurahan Bedahan telah mendistribusikan 425 paket sembako kepada posko kampung siaga Covid-19 kelurahan Bedahan, kecamatan Sawangan, Depok .  “Alhamdulillah...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari Baru Pembagian Honor penanggulangan Covid-19 di kelurahan Bojongsari Baru yang dikucurkan melalui anggaran APBD kota Depok, sebesar Rp.100 juta menuai aksi...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Dumek. Laporan: Adi Onez. Ngobrol kita Pagi Ini (Ngopi) adalah sebuah Program Radio Dapur Remaja yang hadir setiap hari dari Senin sampai...

%d blogger menyukai ini: