Connect with us

Hi, what are you looking for?

Peristiwa

Satu Bulan Akses Pasir Putih Cipayung Terendam, Alat Berat Amfibi Jadi Sorotan Warga

Akses Pasir Putih Cipayung terendam akibat banjir kali Pesanggrahan, Amfibi nyaris tak bergerak akibatmogok.(Foto:dare)

Dapurremaja.com| Pasir Putih

Jembatan penghubung antara Pasir Putih dan Cipayung, di Jalan Mawar RW 04, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Sudah satu bulan terendam banjir akibat luapan kali Pesanggrahan, pada Rabu (3/1/2024).

Pasalnya, banjir ini telah menyebabkan tiga rumah dan satu pabrik terdampak. Sehingga mereka yang menjadi korban banjir ini harus pindah ke tempat lain, dan lokasi yang mereka tinggalkan itupun akhirnya dikontrakan.

Ketua RW 04 Pasir Putih, Hambali mengungkapkan, sudah satu bulan lebih akses jalan jembatan penghubung tersebut terputus karena adanya banjir yang kerap terjadi.

Ketika genangan air surut pun, sambung dia, hanya kendaraan roda empat yang bisa melintas. Sedangkan kendaraan roda dua tak bisa melintas alias rawan mogok.

“Karena air dari Kali Pesanggrahan seringkali naik ke jembatan penghubung. Ditambah lagi alat berat jenis amfibi yang berada di lokasi juga sudah tidak beroperasi karena rusak,” tutur Baban -sapaan Hambali, pada Rabu (3/1/2024).

Dia menambahkan, genangan air yang kerap menggerayangi jembatan penghubung tersebut, seringkali mencapai ketinggian kurang lebih sepinggang orang dewasa. Tentu dengan ketinggian tersebut hanya kendaraan tertentu yang bisa melintas.

Lebih lanjut, banjir yang kerap terjadi di jembatan penghubung itu juga menyebabkan setidaknya tiga rumah (9 jiwa) terdampak. Adapun satu pabrik tahu yang berada wilayah Cipayung juga ikut terdampak.
Pada akhirnya, rumah warga yang terdampak tersebut dikontrakan.

Pemilik rumah sudah pindah ke lokas lain untuk sementara waktu, lantaran keterpaksaan dengan adanya kondisi sekarang ini yang kerap banjir. Begitupun dengan pabrik tahu yang terdampak.

“Kali di dekat jembatan penghubung itu jangan sampai banjir kembali. Harusnya Pemerintah Kota Depok mencari solusi yang lebih baik lagi, tentang bagaimana caranya untuk mengatasi banjir yang kerap terjadi di sini,” tegas Baban.

Karena itu, Baban meminta adanya penambahan alat berat untuk normalisasi kali yang ada di RW 02 (hilir). Karena, adanya penyempitan TPA di sana, sehingga hal tersebut mengakibatkan air tidak mengalir dengan normal.

“Pemerintah harus segera melakukan aksi nyata untuk menangani banjir yang kerap terjadi, agar genangan air yang ada tidak terjadi kembali,” tegas Baban.

Sementara itu, Warga RW 02 Kelurahan Pasir Putih, Imam menjelaskan, banjir yang sering terjadi bukan karena jembatan penghubung yang kurang tinggi, namun karena adanya penyempitan Kali Pesanggrahan akibat luapan sampah TPA Cipayung.

“Akar permasalahan banjir bukan karena jembatan yang kurang tinggi. Namun karena adanya penyempitan akibat dorongan sampah TPA Cipayung, yang mengakibatkan Kali Pesanggrahan bergser hingga terjadi longsor di wilayah RW 02 kelurahan Pasir Putih,” tutur Imam. (dare)

Editor: Supiyadi Ahmad

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Berita

Dapur Remaja Radio |Bedahan. Kolam renang waterboom Putri Duyung Depok yang berada di Jalan Bungsan No 50 kelurahan Bedahan Sawangan Depok memberikan promo khusus...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Hiburan

DRR|Cinangka. Ternyata menjadi penyiar itu banyak tantangan dan pengalaman seru, terutama bagi penyiar yang hobi memancing ini, pria asal Garut yang sekarang bermukim dikawasan...

Pemerintahan

dapurremaja| Pasir Putih. Program pemberdayaan masyarakat kelurahan Pasir Putih gelar acara sosialisasi pencehagan penularan HIV pada ibu hamil yang dilaksanakan pada, Selasa (25/7/2023) bertempat...