Connect with us

Hi, what are you looking for?

Peristiwa

Satu Rumah Warga Nyaris Terbawa Longsor Turap Perumahan PT GPI

Warga setempat menunjukan lokasi longsor pagar perumahan PT Graha Perdana Indah (PT GPI) kedalaman 10 meter yang hampir membawa satu rumah warga.(foto:dare)

Dapurremaja.com| Curug

Hujan deras yang melanda kota Depok dan sekitar menyebabkan pagar perumahan PT Graha Perdana Indah (PT GPI) setinggi 10 meter di Kelurahan Curug, Bojongsari, Kota Depok ambruk yang terjadi, pada Minggu (3/12/2023) sore nyaris satu rumah warga di RW 07 terbawa longsor.

RA warga RW 07 menjelaskan awal mulanya, turap yang berada di dekat rumah warga tiba-tiba longsor sekitar pukul 18:30 WIB usai dilanda hujan dengan intensitas tinggi.

“Longsor tidak hanya diakibatkan hujan, tetapi juga bisa diakibatkan beberapa hal. Seperti penurapan yang terlalu tinggi, hingga pengurukan yang dilakukan tidak maksimal oleh PT GPI,” terang RA saat di temui awak media di kediamannya, pada Senin (4/12/2023).

Dari kejadian ini beruntung tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Karena sebelumnya, dua warga yang berada di area pengurukan telah dievakuasi ke rumah keluarganya yang lain, lantaran terancam terkena longsor susulan.

“Tidak ada korban. Dua warga yang rumahnya dekat dengan lokasi sudah kami evakuasi jauh-jauh hari,” ungkap dia.

Warga setempat bersama pengurus lingkungan sudah bertemu dengan pihak pengawas pada Senin (4/12) pagi, kata RA, kemudian warga telah menyampaikan kepada pihak pengawas, agar lahan yang longsor tersebut diturap dan diperkokoh kembali.

Ads-samsat-1

Tidak hanya itu saja, warga juga meminta agar turap longsor tersebut dipasangi U-Ditch berukuran 60 x 60 sentimeter (cm) untuk saluran air yang di atas.

“RA mengungkapkan, pihak pengawas sudah menyampaikan bahwa turap yang longsor tersebut akan secepatnya ditangani, begitupun dengan saluran air yang akan dipasang U-Ditch,” ungkapnya.

Ditempat terpisah, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Curug, Herman Karno menginginkan, dalam peristiwa longsor yang sudah terjadi tidak ada pihak yang saling menyalahkan. Melainkan harus fokus dalam perbaikan untuk wilayah yang sudah longsor kedepannya.

“Perlu ada evaluasi dari pekerjaan yang sedang dilakukan, agar semua yang dilakukan dapat dipastikan aman dan tidak ada korban kedepannya,” kata Herman Karno.

Sambung Herman Tajir panggilan akrabnya, pembangunan perumahan tersebut nyatanya berdampak pada dua sisi. Yakni pembangunan perumahan itu sendiri dan dampak yang dialami warga setempat, yang berdampingan dengan pembangunan perumahan.

“Keinginan saya masalah ini bisa diselesaikan secara bersama dengan duduk bareng. Kami tidak menyalahkan pihak manapun, tetapi bagaimana cara menyelesaikan masalah ini kedepannya,” ungkap Herman Karno. (nez)

 

Editor: Supiyadi Ahmad

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Berita

Dapur Remaja Radio |Bedahan. Kolam renang waterboom Putri Duyung Depok yang berada di Jalan Bungsan No 50 kelurahan Bedahan Sawangan Depok memberikan promo khusus...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Hiburan

DRR|Cinangka. Ternyata menjadi penyiar itu banyak tantangan dan pengalaman seru, terutama bagi penyiar yang hobi memancing ini, pria asal Garut yang sekarang bermukim dikawasan...

Pemerintahan

dapurremaja| Pasir Putih. Program pemberdayaan masyarakat kelurahan Pasir Putih gelar acara sosialisasi pencehagan penularan HIV pada ibu hamil yang dilaksanakan pada, Selasa (25/7/2023) bertempat...