Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pemerintahan

Situ Tujuh Muara Bojongsari, Pusat UMKM Dan Ikan Hias.

Situ Tujuh Muara, Kecamatan Bojongsari, Depok

Dapur Remaja Radio| Bojongsari.

Dede Hidayat camat Kecamatan Bojongsari,Depok untuk musrenbang tingkat kecamatan akan fokus terhadap destinasi Situ Tujuh Muara yang ada di wilayah kecamatan Bojongsari.

Kecamatan Bojongsari khusunya,  saat ini sudah menjadi Ikon Ikan Hias dan Tanaman Hias yang di akui dikancah Nasional dan Internasional, untuk itu, dengan dibuatkannya destinasi wisata Situ Tujuh Muara bertujuan untuk pameran Ikan Hias, Tanaman Hias sekaligus penjualan  berskala besar. Selain dijadikan tempat wisata air, Situ Tujuh Muara juga akan dijadikan pusat UMKM serta pagelaran Seni dan Budaya kota Depok.

“untuk ikan Hias terutama Neon Tetra sudah diakui oleh Asia dan Eropa, namun sayangnya secara expor khusus dari kota Depok belum ada, untuk itu, melalui wadah seperti ini sekaligus menjadikan pusat penjualan dan expor untuk jenis tanaman dan ikan hias,”jelas Dede kepada dapurremaja.com saat usai melaksanakan Musrenbang di kelurahan Pondok Petir pada Senin (18/01/2021).

Dikatakannya, petani ikan Hias yang ada di wilayah kecamatan Bojongsari, untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Depok tidak ada, pasalnya hal ini masih mengandalkan penjualan di luar daerah Depok seperti Pasar Parung, Bogor Jawa Barat atau menggunakan jasa exportir Jakarta.

“ini adalah potensi yang sangat besar apabila Depok mempunyai pusat penjualan, karantina dan exportir, sehingga PAD nya bisa langsung masuk ke kota Depok,”Jelasnya.

Selain itu, terkait dengan agrowisata Situ Tujuh Muara yang ada di wilayah kecamatan Bojongsari dan Sawangan mempunyai potensi besar dalam mengembangkan usaha, selain eksotis, juga sebagai pusat oleh-oleh produk UMKM kota Depok.

Sambungnya, pentingnya Pusat Karantina Ikan Hias di kota Depok, sehingga tidak lagi mengandalkan wilayah di luar kota Depok.

“Sementara ini kita masih meminta kepada exportir dari Jakarta, mangkanya sangat ironis kalau kota Depok tidak mempunyai tempat karantina sendiri.

Sementara kita meminta alokasi dana untuk masalah pengembangan situ, kami sudah mengajukan proposal untuk destinasi wisata Situ Tujuh Muara dengan luas lahan 1 hektar,”ucapnya.(nez)

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Berita

Dapur Remaja Radio |Bedahan. Kolam renang waterboom Putri Duyung Depok yang berada di Jalan Bungsan No 50 kelurahan Bedahan Sawangan Depok memberikan promo khusus...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Hiburan

DRR|Cinangka. Ternyata menjadi penyiar itu banyak tantangan dan pengalaman seru, terutama bagi penyiar yang hobi memancing ini, pria asal Garut yang sekarang bermukim dikawasan...

Hiburan

Dapur Remaja Radio| Bedahan Bakalan seru ni, obyek wisata air kolam renang Putri Duyung Depok yang berada di Jl Bungsan kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan,...