Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pemerintahan

Dishub Depok Akan Meningkatkan Forum Lalin Menjadi DTK.

Dapur Remaja Radio|Depok.

Kembali  Dinas Perhubungan Kota Depok menggelar diskusi bersama Forum Lalu Lintas (Lalin).  Kegiatan yang dihadiri jajaran Polres Metro Depok dan Perangkat Daerah (PD) terkait ini, membahas peningkatan kolaborasi lintas sektor.

“Salah satu poin yang dibahas adalah peningkatan keselamatan dalam berlalu lintas,” kata Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana, Selasa (11/08/20), usai acaranya. 

Dikatakan Dadang, guna melakukan pengawasan terhadap kondisi lalin, untuk rencana awal akan dibuat Posko Keselamatan di Terminal Jatijajar, Kecamatan Tapos. Di dalamnya, ada berbagai macam fasilitas dan peralatan kesehatan.

“Di posko itu juga akan ditempatkan personil, baik dari Dishub, Kepolisian termasuk Dinas Kesehatan (Dinkes). Bentuknya posko biasa, nanti disediakan alat kesehatan dan mobil ambulance juga,” katanya.

Selain itu, kata Dadang, program lainnya melakukan patroli secara bersama-sama di sejumlah ruas jalan di Kota Depok. Dikatakannya, pihaknya selalu siap untuk bersiaga di titik penugasan sekitar pukul 05.30 WIB untuk membantu kelancaran pengguna jalan.

“Melalui pembahasan di forum ini, kita akan melanjutkan dan membuat terobosan-terobosan baru, agar keselamatan di jalan raya,” tuturnya. 

Menurut rencana lanjut Dadang, meningkatkan organisasi Forum Lalu Lintas (Lalin) menjadi Dewan Transportasi Kota (DTK) seperti yang dimiliki Provinsi DKI Jakarta. Supaya sistem keorganisasiannya berjalan maksimal, dalam waktu dekat Forum Lalin Depok akan berkunjung ke DTK Jakarta untuk mempelajari tentang organisasi baru. 

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Arahan Pak Wali Kota untuk meningkatkan Forum Lalin menjadi DTK, kami dorong minimal bulan ini terbentuk Peraturan Wali Kota (Perwal)-nya,” ujar Dadang. 

Menurut Dadang, Forum Lalin merupakan lembaga independen sebagai forum konsultasi dan koordinasi antara masyarakat dan pemerintah daerah. Organisasi ini terdiri dari unsur pemerintah, akademisi, pakar, dan masyarakat yang membidangi urusan transportasi.

“Dalam forum ini akan membahas terkait segala persoalan di bidang transportasi. Selain itu juga sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat, serta memberikan bahan pertimbangan terhadap penyusunan kebijakan daerah,” jelas Dadang.

Dadang menambahkan, apabila Forum Lalin berubah menjadi DTK, maka diharapkan akan dapat membahas lebih intens lagi terkait permasalahan lalu-lintas, terutama mengatasi persoalan kemacetan di Kota Depok.

“Apabila Forum Lalin sudah beralih menjadi DTK akan lebih intens membahas masalah aktual yang terjadi di bidang transportasi, khususnya masalah mengatasi kemacetan di Kota Depok,” pungkas Dadang. (adi).

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari Baru Pembagian Honor penanggulangan Covid-19 di kelurahan Bojongsari Baru yang dikucurkan melalui anggaran APBD kota Depok, sebesar Rp.100 juta menuai aksi...

Sorotan

 Dapur Remaja Radio|Bedahan. Lumbung Pangan kelurahan Bedahan telah mendistribusikan 425 paket sembako kepada posko kampung siaga Covid-19 kelurahan Bedahan, kecamatan Sawangan, Depok .  “Alhamdulillah...

Berita

Dapur Remaja Radio|Pontir. Merasa tidak cocok dengan pemilik Rumah Bersalin dan Kelinik 24 jam Paguyuban warga RT 03 RW 03 Jalan Pendidikan Serua Bulak...