Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pemerintahan

Jawa Barat Akan Berikan Bantuan Berupa Ekonomi Kepada Warga Terdampak Corona Sebesar Rp.500.000

Kepala Dinas Sosial Kota Depok, Usman Haliyana

Dapur Remaja Radio|Depok.

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok, melakukan pendataan warga baru yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19. Terdapat sekitar 71.000 Kepala Keluarga (KK) yang datanya telah dikirim ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk kemudian diverifikasi sebagai penerima bantuan ekonomi sebesar Rp 500.000.

“Kami hanya melakukan pendataan. Data yang kami peroleh berasal dari ketua RT, RW serta pihak kelurahan setempat. Kemudian data ini kami masukan ke dalam aplikasi dan diberikan kepada Pemprov Jawa Barat,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Depok, Usman Haliyana, Selasa (07/04/2020)

Usman menjelaskan, bantuan tersebut diperuntukan bagi warga miskin yang belum menerima bantuan sosial pangan. Termasuk warga rentan kebutuhan berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DKTS) tahun 2020.

“Sesuai arahan Gubernur Jawa Barat, bantuan tidak diberikan bagi penerima Kartu Sembako dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH) yang selama ini rutin mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Usman menyebutkan, terdapat enam kriteria penerima bantuan tersebut.  Pertama, pekerja di bidang perdagangan dan jasa. Kedua, pekerja di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan budidaya, dan tangkap. Ketiga, pekerja di bidang pariwisata. Keempat, pekerja di bidang transportasi.

“Lalu, pekerja di bidang industri, pelaku usaha mikro dan kecil serta penduduk yang bekerja sebagai pemulung,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan, bantuan yang diberikan berupa sembako dan uang tunai. Namun, kata Usman, pihaknya masih menunggu arahan dari Pemprov Jawa Barat terkait kejelasan bantuan tersebut.

“Sampai saat ini, kami masih terus mendata warga yang terdampak Covid-19 dari hasil pengumpulan data yang dilakukan pada Senin (06/04/2020) lalu. Penginputan dilakukan berdasarkan nama, alamat dan Nomor Induk Kependudukan (NIK),” tuturnya. (adi).

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Berita

Dapur Remaja Radio |Bedahan. Kolam renang waterboom Putri Duyung Depok yang berada di Jalan Bungsan No 50 kelurahan Bedahan Sawangan Depok memberikan promo khusus...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Hiburan

DRR|Cinangka. Ternyata menjadi penyiar itu banyak tantangan dan pengalaman seru, terutama bagi penyiar yang hobi memancing ini, pria asal Garut yang sekarang bermukim dikawasan...

Hiburan

Dapur Remaja Radio| Bedahan Bakalan seru ni, obyek wisata air kolam renang Putri Duyung Depok yang berada di Jl Bungsan kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan,...