Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pemerintahan

Kota Depok Gelar Promosi Festival Belimbing

Dapur Remaja Radio|Depok.

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Depok melaksanakan Gelar Promosi Festival Belimbing dan Hortikultura tahun 2020, pada Selasa (10/3/2020).

Acara ini juga menampilkan berbagai aneka pameran produk pertanian seperti beras merah, pepaya, durian, sayuran, Alpukat dan lainnya.

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, kegiatan ini sangat penting bagi pembangunan pertanian tanaman pangan dan hortikultura di Kota Depok. Mengingat komoditas tanaman pangan dan hortikultura yang sebagian besar dikelola rakyat memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri serta peran strategis dalam peningkatan petani.

“Petani belimbing yang ada memang sudah sejak lama daerah asalnya menjadi pusat pertanian belimbing , seperti di wilayah Kelapa Dua, Cimanggis. Namun ada juga beberapa petani yang sudah merubah lahannya dengan disewakan ke pihak lain,” kata Idris pada Selasa (10/3/2020) usai membuka acara Festival Belimbing Depok, Balaikota.

Menurutnya, penyelenggaraan kegiatan ini adalah salah satu upaya terobosan yang diambil Pemerintah Daerah Kota Depok untuk memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam rangka program promosi bagi produk hasil pertanian terutama produk pertanian yang berbasis komoditas tanaman pangan dapat dilaksanakan dengan baik.

“Meskipun petani Depok ada kendala di lahan, tapi insya Allah kita berkomitmen untuk melestarikan beberapa produk pertanian dengan berbagai cara di antaranya mengoptimalkan lahan yang kita miliki,” tutur Idris.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kepala DKPPP Kota Depok, Diah Sadiah mengatakan, kegiatan ini dimulai pukul 08.00 hingga 12.00 wib. Dengan total buah belimbing yang disediakan sebanyak 1,5 ton.

“Festival belimbing dilakukan untuk peningkatan pemasaran hasil tanaman pangan dan hortikultura. Seperti kita ketahui, belimbing merupakan salah satu buah potensial dan menjadi ikon di Kota Depok,” kata Diah di sela-sela kegiatan tersebut.

Dirinya menambahkan, dalam festival ini, dimeriahkan juga dengan berbagai lomba. Antara lain lomba belimbing dewa yang diikuti oleh 40 perserta dan lomba membagikan belimbing gratis kepada pengunjung.

“Buah Belimbing Dewa khas Kota Depok memiliki keunggulan istimewa. Untuk itu, kami adakan lomba dan bagi-bagi buah belimbing gratis yang tujuannya tetap sama untuk mengenalkan buah tersebut kepada masyarakat,” pungkas Diah.

Festival juga dilombakan hasil produk belimbing dari 24 kelompok tani se-Kota Depok. Juara I mendapatkan hadiah uang senilai Rp.3 juta, juara II Rp.2 juta, dan juara III Rp.1 juta. (dr/adi).

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari Baru Pembagian Honor penanggulangan Covid-19 di kelurahan Bojongsari Baru yang dikucurkan melalui anggaran APBD kota Depok, sebesar Rp.100 juta menuai aksi...

Sorotan

 Dapur Remaja Radio|Bedahan. Lumbung Pangan kelurahan Bedahan telah mendistribusikan 425 paket sembako kepada posko kampung siaga Covid-19 kelurahan Bedahan, kecamatan Sawangan, Depok .  “Alhamdulillah...

Berita

Dapur Remaja Radio|Pontir. Merasa tidak cocok dengan pemilik Rumah Bersalin dan Kelinik 24 jam Paguyuban warga RT 03 RW 03 Jalan Pendidikan Serua Bulak...