Connect with us

Hi, what are you looking for?

Galery

Hari Lingkungan Se-Dunia, Pokdarwis Situ Pengarengan Babat Eceng Gondok

Ketua Umum MAT PECI Usman Firdaus

Dapur Remaja Radio| Depok.

Semangat Komunitas lingkungan patut di apresiasi, gempita hari lingkungan hidup se-Dunia, Pokdarwis Situ Pengarengan bekerjasama dengan Acsena Humanis Respon Foundation, Mat Peci(Masyarakat Pecinta Ciliwung) dan Forum Peduli Situ, Mengadakan aksi operasi bersih Eceng Gondok di situ Pengarengan, Cisalak Depok pada Minggu (6/6/2021).

Ketua Pokdarwis Situ Pengarengan Daniel Pelupesi mengatakan bahwa kegiatan membersihkan setu Pengarengan didasari oleh semakin banyaknya tumbuhan Eceng Gondok yang semakin meluas dan hampir menutup ruas area situ Pengarengan.

“Kami mengucapkan rasa salut serta terima kasih kepada para relawan lingkungan hidup yang dengan sukarela membantu dalam mewujudkan kegiatan bersih-bersih situ pengarengan,”jelas Daniel.

Dirinya berharap efek dari kegiatan bersih-bersih situ Pengarengan terlihat semakin indah dan cantik serta menjadi destinasi baru dan wisata pilihan bagi masyarakat kota Depok dan sekitarnya.

“berharap dengan di bersihkannya Eceng Gondok, situ Pengarengan akan terlihat lebih indah, serta dapat mengurangi debit banjir dikala musim penghujan,”bebernya.

Dikesempatan yang sama ketua Umum MAT PECI (Masyarakat Peduli Ciliwung) Usman Firdaus menambahkan, lebatnya tumbuhan Eceng Gondok di Situ Pengarengan sungguh sangat luar biasa. Apabila tidak segera di bersihakan kemungkinan besar akan menghambat laju air.

“Kami berharap kegiatan fositif ini dapat direspons oleh para pemangku kebijakan (Pemkot)”pintanya.

Dikatakannya, Situ adalah sumber resapan dan kantong air bagi warga, untuk itu, kita wajib menjaga dan merawat situ agar tidak terjadi pendangkalan dan kering, pasalnya, sudah banyak situ di kota Depok yang hilang.

“Mulailah dari sekarang saling menyadari bahwa pentingnya keberadaan situ sebagai penopang air kehidupan, Ada 3 stimulus dalam upaya pelestarian situ-situ, 1. Menjaga, 2. merawat dan pengembangkan,”kata Bang Usman.

Ditambahkannya, Pentingnya edukasi literasi juga ekowisata memaksimalkan pemberdayaan masyarakat sekitar situ, dalam kesadaran bahwa pentingnya 3 sasaran tersebut dan tidak mustahil meningkatkan taraf hidup masyarakst sekitar dalam ketahanan ekonomi.

Babat Eceng Gondong gabungan komunitas menggunakan perahu karet dan rakit bambu.(das/dr)

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Sorotan

 Dapur Remaja Radio|Bedahan. Lumbung Pangan kelurahan Bedahan telah mendistribusikan 425 paket sembako kepada posko kampung siaga Covid-19 kelurahan Bedahan, kecamatan Sawangan, Depok .  “Alhamdulillah...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari Baru Pembagian Honor penanggulangan Covid-19 di kelurahan Bojongsari Baru yang dikucurkan melalui anggaran APBD kota Depok, sebesar Rp.100 juta menuai aksi...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Dumek. Laporan: Adi Onez. Ngobrol kita Pagi Ini (Ngopi) adalah sebuah Program Radio Dapur Remaja yang hadir setiap hari dari Senin sampai...

%d blogger menyukai ini: