Connect with us

Hi, what are you looking for?

Featured

Sukses, Kincir Ulin Gelar Wicara Taman Baca Se-Nusantara.

Peserta Zoom Meeting Parade Kincir Ulin 2021. (Istimewah)

Dapur Remaja Radio| Depok.

Kincir Ulin sukses menggelar acara puncak “Parade Kincir Ulin 2021, Gelar Wicara Taman Baca Se-Nusantara” secara daring melalui Zoom Meeting, yang dilaksanakan pada Sabtu, (10/4/2021).

Kegiatan tesebut dengan mengusung tema “Mempertahankan Taman Baca di Masa Pandemi” diikuti lebih dari 150 pegiat literasi lintas profesi, dari berbagai kota di Indonesia, hadir untuk saling memberi semangat dan berkolaborasi.


Hani, selaku ketua pelaksanaan kegiatan mengatakan, bahwa para pegiat literasi yang hadir, mewakili kota-kota diantaranya, Manokwari, Bombana, Dompu, Luwuk kab. Banggai, Kendari, Parigi Moutong, Makassar, kab. Gowa, Bone, Ende, Sikka, Mamuju, Pontianak, Samarinda, kab. Sintang, Indramayu, Malang, kab. Rembang, Tuban, Semarang, Tegal, Majalengka, Cilacap, Ciajur, Bandung, Jakarta, Depok, Riau, Indragiri Hulu, Jambi, Way Kanan, Padang, Agam, Sawah Lunto, Medan, Aceh Barat Daya, dan sebagainya.

“Gelar Wicara Taman Baca Se-Nusantara Temu Sahabat, Kibarkan Semangat!”, kegiatan ini digagas oleh sebuah taman baca masyarakat ramah anak di Kota Depok, Jawa Barat, yaitu Perpustakaan Cilik (Perpucil) Kincir Ulin. Dengan adanya kegiatan yang didukung oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok,”imbuhnya.

Disamping itu, Kepala DISKARPUS Kota Depok, Ibu Hj. Siti Chaerijah Aurijah berharap, kegiatan ini dapat menginspirasi para pegiat literasi di seluruh Nusantara untuk lebih inovatif dalam membuat program di taman baca dan perpustakaan, Perpustakaan adalah jantung pendidikan dan buku adalah mata dunia.

Kegiatan ini juga didukung oleh Bunda Literasi Kota Depok, bunda Elly Farida, sapaannya, ilustrator buku anak yang sudah go international, Dewi Tri Kusumah, Ketua Yayasan Jari Cendekia Indonesia/Sejarawan Publik, Fajar Rusvan, dan Praktisi Home Education, Indri Ayu Lestari, serta dari berbagai pihak lainnya melalui pesan-pesan motivasi khusus bagi pegiat literasi se-Nusantara.

Selain itu, kegiatan ini juga turut diramaikan oleh penampilan Bintang-bintang Teater Cilik dari Kincir Ulin Depok-Jawa Barat (ananda Sakhi, Rara, Putri, Ahiung, dan Akiun) serta Pembaca Nyaring dari Rumah Baca Sukacita, Ende-NTT (ananda Aliza, Nanda, dan Millan).

Gelar wicara yang berlangsung sekitar 3 jam ini dipandu oleh Rinda, salah satu pendiri Kincir Ulin dan, juga dihadiri oleh beberapa narasumber, yaitu, Drs. Andrinof Achir Chaniago dari Studio Aksiliterasi, Bunda Evelyn Asrila Sare, pendiri Rumah Baca Sukacita di Ende-NTT, Obe dari Balai Baca Rumah Bako, Agam-Sumatera Barat, dan Laila, Kepala Perpucil Kincir Ulin Depok-Jawa Barat.

Kegiatan ini pun dibuka secara resmi oleh Ketua Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kota Depok, Hj. Siti Chaerijah Aurijah, S.Pd., M.M.

Seperti yang kita ketahui, dampak pandemi covid-19 mempengaruhi banyak sektor, salah satunya Taman Baca Masyarakat (TBM). Banyak taman baca yang memilih untuk tutup dan tidak aktif selama masa pandemi.

Dalam gelar wicara ini, Drs. Andrinof Achir Chaniago, menyampaikan bahwa seluruh stake holder harus berkolaborasi membangun kesadaran literasi dan mendukung keberadaan Taman Baca Masyarakat serta perpustakaan, supaya aksi literasi tetap berjalan di tengah masyarakat Indonesia, terutama bagi penerus bangsa.

Kemudian, perwakilan pegiat literasi dari Taman Baca Masyarakat yang menjadi narasumber juga berbagi cerita tentang perjuangan “aksi literasi” sebelum masa pandemi, bagaimana mempertahankan serta menciptakan inovasi program taman baca pada masa pandemi, serta harapan untuk dapat bertahan dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada.

Senada dengan kawan-kawan pegiat literasi dari berbagai kota di Indonesia yang ikut hadir dalam gelar wicara tersebut, Drs. Andrinof Achir Chaniago, (Wakil Komisaris Bank Mandiri/Pendiri Studio Aksi Literasi) juga mengharapkan adanya keberlanjutan kegiatan seperti Parade Kincir Ulin ini, terutama dalam hal pengembangan taman baca sebagai salah satu komunitas yang berperan penting dalam mengembangkan literasi di tengah masyarakat.

Dengan demikian, sebagian besar pegiat literasi yang hadir dalam gelar wicara ini, sepakat untuk melanjutkan pertemuan antara pengurus taman baca se-Nusantara secara berkala dan menderaskan gerakan atau giat AKSILITERASIKU sebagai salah satu bentuk semangat pegiat literasi.(dr)

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Berita

Dapur Remaja Radio |Bedahan. Kolam renang waterboom Putri Duyung Depok yang berada di Jalan Bungsan No 50 kelurahan Bedahan Sawangan Depok memberikan promo khusus...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Hiburan

DRR|Cinangka. Ternyata menjadi penyiar itu banyak tantangan dan pengalaman seru, terutama bagi penyiar yang hobi memancing ini, pria asal Garut yang sekarang bermukim dikawasan...

Hiburan

Dapur Remaja Radio| Bedahan Bakalan seru ni, obyek wisata air kolam renang Putri Duyung Depok yang berada di Jl Bungsan kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan,...