Connect with us

Hi, what are you looking for?

Featured

Tingginya Harga Jual, GUSDURian dan DPD LPM kota Depok Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Budidaya Talas.

Ketua DPD LPM kota Depok saat menunjukan lahan 3000 m2 untuk budidaya talas tahap ke dua, bersama Koordinator Gusdurian Depok Mansyur Al-Farisi (Foto: nez)

Dapur Remaja Radio.|Bojongsari.

GUSDURian Depok peduli, membuat program komunitas ketahanan pangan di level milenial untuk menumbuhkan kesadaran yang diberi nama Pesantren Entrepreneur Pemuda dan Mahasiswa (Pendawa).

“sementara ini lahan seluas 3000 M2 yang berada di kebun sekretariat LPM kelurahan Bojongsari Baru akan di sulap menjadi kebun Talas Pratama,” ujar Koordinator Gusdurian Depok Mansyur Al-Farisi saat sedang meninjau lahan yang berada di wilayah kelurahan Bojongsari Baru, baru-baru ini.

Selanjutnya, dengan memanfaatkan lahan tidak produktif, GUSDURian dan DPD LPM kota Depok akan melibatkan koperasi pemberdayaan masyarakat yang dibangun oleh DPD LPM kota Depok. Selain menanam talas dilokasi lahan tersebut juga dibangun kandang pembesaran Bebek Peking.

“tanaman talas dapat dipanen setiap 5-6 bulan. Talas Pratama mampu menghasilkan berbagai jenis bahan olahan yang sudah dibuat menjadi tepung diperkirakan harga jual kisaran Rp 80.000 per kilogram,”jelasnya.

Dikatakannya, Talas Pratama bisa di tanam disetiap tempat, baik tanah kering atau tanah basah, perbedaannya hanya di warna, rasa tetap sama.

Koordinator Gusdurian Depok Mansyur Al-Farisi saat sedang meninjau lahan yang berada di wilayah kelurahan Bedahan di kediamnnya dengan luas lahan 9000 m2.

“Ini program jodoh ya.. dengan DPD LPM, dan yang jelas protein talas ini sangat tinggi dan ide ini timbul karena kembalinya kehidupan new normal sehingga dengan persamaan misi antara GUSDURian dengan program pemberdayaan masyarakat DPD LPM sangat tepat untuk budidaya ,”ujarnya.

Kenapa pilihannya talas, sambung Mansyur, karena jenis talas secara penanaman lebih mudah, baik dilahan luas atau dilahan sempit, selain itu, secara bisnis cukup bagus  dan menjajikan.

Ditempat yang sama, ketua DPD LPM kota Depok Yusra Amir menambahkan, saat ini pertanian di anggap sebagai anak tiri oleh sebagian pihak, untuk itu, dengan adanya koperasi DPD LPM, budi daya talas adalah sebagai semangat baru di era new normal dan program ini nantinya akan melibatkan LPM di setiap kelurahan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“untuk membangun ketahanan pangan melalui pertanian harus digalakkan dan ditingkatkan kembali, sudah tentu dengan metode petani milenial,”jelas Yusra.

Untuk itu, DPD LPM kota Depok bersama GUSDURian akan melaksanakan Pelatihan pertanian dan penanaman talas serta ternak bebek Peking yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2020, sedangkan untuk pembagian bibit talas dilakukan secara serentak dibeberapa titik di kota Depok, pada tanggal 2 Juli 2020.

“Pada prinsipnya kegiatan ini akan di lakukan Dengan konsep hulu hilir, yang di maksud adalah dari produksi sampai distribusi produk,”tutup Ketua LPM kelurahan Bojongsari Baru.(nez).

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari Baru Pembagian Honor penanggulangan Covid-19 di kelurahan Bojongsari Baru yang dikucurkan melalui anggaran APBD kota Depok, sebesar Rp.100 juta menuai aksi...

Sorotan

 Dapur Remaja Radio|Bedahan. Lumbung Pangan kelurahan Bedahan telah mendistribusikan 425 paket sembako kepada posko kampung siaga Covid-19 kelurahan Bedahan, kecamatan Sawangan, Depok .  “Alhamdulillah...

Berita

Dapur Remaja Radio|Pontir. Merasa tidak cocok dengan pemilik Rumah Bersalin dan Kelinik 24 jam Paguyuban warga RT 03 RW 03 Jalan Pendidikan Serua Bulak...