Connect with us

Hi, what are you looking for?

Featured

Bakal Heboh Ni, Festival Pengasinan Angkat Budaya Lokal

Rapat Koordinasi persiapan Festival Pengasinan.(dare)

dapurremaja.com| Pengasinan

Matangkan rencana Festival Pengasinan lurah Asep Wisnu mengajak Sekel Pengasinan, ketua KOOD kelurahan, Ketua LPM, Karang Taruna. Rapat koordinasi ini untuk membahas persiapan Festival Pengasinan bersamaan dengan hari sumpah pemuda.

Lurah Pengasinan Asep Wisnu mengatakan, untuk kegiatan ini sebelumnya kelurahan Pengasinan tidak membuat acara gebyar dalam rangka HUT RI ke 78, untuk kegiatan Festival Pengasinan sebenarnya diinisasi oleh ketua KOOD kelurahan sekaligus untuk mengangkat budaya orang Pengasinan.

“kalau acara sebesar ini dibarengi dengan kegiatan HUT RI sepertinya kurang maksimal, kan setiap RT juga mengadakan acara kemerdekaan, festival ini akan dilaksanakan beretpatan dengan sumpah pemuda jadi warga kelurahan Pengasinan bisa tumplek diacara tersebut,”ucapnya pada Selasa (5/9/2023) di kantor kelurahan Pengasinan.

Dikatakannya, untuk Festival Pengasinan nantinya akan konsen budaya yang ada di kelurahan Pengasinan dengan tema “Festival Seni Budaya dan Tradisi Pengasinan“.

“Sudah tentu dengan kegiatan Festival Pengasinan akan menumbuhkan semangat membangkitkan budaya yang ada di kelurahan Pengasinan dan peningkatan perekonomian warga, kegiatan ini tidak menggunakan APBD, murni dari swadaya masyarakat dan sponsor,”bebernya.

Dirinya berharap kepada panitia Festival bisa mengeluarkan ide-ide kreatif. Untuk pelaksanaan kegiatan akan berlansung selama dua hari dari tanggal 28-29 Oktober 2023 bertempat di Jalan Baru (Kasiba Lasiba) kelurahan Pengasinan, Sawangan Depok.

Ditempat yang sama Abdul Latif mengatakan, Festival Pengasinan bertujuan untuk mengangkat budaya orang Pengasinan, menurutnya orang pengasinan saat ini belum tentu tau tentang Pengasinan.

“Dasarnya pengen orang Pengasinan tau tentang budaya Pengasinan apa yang dulu orang lakukan biar orang Pengasinan tau, karena biar tinggal di Pengasinan belum tentu dia tau Pengasinan,”bebernya.

Latif menceritakan bahwa orang Pengasinan sejak jaman dulu sangat suka bermain pukul (Karate) dari situlah sekitar tahun 1951 dibentuk padepokan yang saat ini diberi nama MS Jalan Enam dan diakui oleh Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) sekitar tahun 1982.

Menurut Latif dengan adanya agenda Festival Pengasinan tentunya patut disyukuri, karena secara tidak langsung dapat menjadi ajang promosi budaya lokal ke tingkat yang lebih tinggi.

“selain itu di festival ini sekaligus launching batik MS Jalan Enam sebagai simbol budaya orang Pengasinan,”jelasnya.

Untuk rangkaian acara diantaranya, Seni Budaya, Tradisi Silaturahmi MS Jalan Enam, Karnaval Budaya 5000 peserta, Senam Bersama 1000 peserta, Pentas Budaya, Pameran Pakaian khas Pengasinan serta ratusan UMKM.(nez)

 

 

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Berita

Dapur Remaja Radio |Bedahan. Kolam renang waterboom Putri Duyung Depok yang berada di Jalan Bungsan No 50 kelurahan Bedahan Sawangan Depok memberikan promo khusus...

Hiburan

DRR|Cinangka. Ternyata menjadi penyiar itu banyak tantangan dan pengalaman seru, terutama bagi penyiar yang hobi memancing ini, pria asal Garut yang sekarang bermukim dikawasan...

Pemerintahan

dapurremaja| Pasir Putih. Program pemberdayaan masyarakat kelurahan Pasir Putih gelar acara sosialisasi pencehagan penularan HIV pada ibu hamil yang dilaksanakan pada, Selasa (25/7/2023) bertempat...