Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekonomi

Pasir Putih, Pelatihan Produk Lokal Tingkatkan Daya Saing Jual.

Dapur Remaja Radio| Sawangan.

Peningkatan akses pemasaran produk IKM dan UM, pelatihan aneka olahan produk lokal di kelurahan Pasir Putih, kecamatan Sawangan, Depok, pada Kamis (3/12/2020).

“Pelatihan peningkatan produk olahan lokal, khusunya hasil olahan alam di kelurahan Pasir Putih misalkan singkong, yang akan di buat menjadi olahan yang menarik, Jambu yang akan di buat menjadi permen, “ucap Agus kepada peserta.

Dikatakannya, potensi wilayah mengenai produk lokal sangat tinggi, baik jenis buah buahan atau umbi umbian yang di olah menjadi produk yang bernilai tinggi khusunya kelurahan Pasir Putih, agar usaha yang dilakukan semakin maju dan berkembang..

Nuryanto, Kasie Pengembangan Usaha Mikro dari Dinas Koperasi dan UMKM mengatakan, usaha mikro memiliki pasar yang cukup menjanjikan, namun dibutuhkan kemauan yang keras dari pelaku usaha tersebut, seperti perlunya membuat sertifikasi dari sebuah produk sehingga memiliki legalitas formal, termasuk juga sertifikasi halal.

Sertifikasi masing-masing usaha yang diproduksi berbeda, misalnya, makanan kering, memiliki sertifikasi PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga), kemudian untuk makanan kebab, rumah makan memiliki sertifikat higienis, lalu basah dan makanan beku (frozen food) sertifikat merk dalam negeri yang keluarkan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

“Jadi, pelaku usaha mikro ini harus memiliki sertifikat dan pihaknya siap memfasilitasi untuk pembuatan sertifikat tersebut,” ujarnya.

Hadir sebagai narasumber, Nuryanto, Kasie Pengembangan Usaha Mikro dari Dinas Koperasi dan UMKM, Agus Stiawan, (Coklat Pisitama) Dewi Deekas Depok.

Sebanyak 20 peserta pelatihan produk olahan lokal yang di laksanakan selama dua hari.

Lurah Pasir Putih, Ahmad Rifai mengatakan, pelatihan bagi pelaku usaha mikro ini diselengarakan pemerintah dengan tujuan usaha mereka bisa maju dan berkembang sesuai harapan agar dapat mendongkarak ekonomi keluarga,

“Ini pelatihan merupakan tindak lanjut dari sebelumnya yang diikuti para pelaku usaha mikro,” kata Rifai.

Kasi Ekbang Kelurahan Pasir Putih Uke, mengatakan dengan adanya pelatihan aneka produk lokal kelurahan Pasir Putih, mampu mendongkrak perekonomian keluarga.

“saya berharap kepada peserta pelatihan kedepannya lebih baik lagi, semoga para pelaku UKM dapat termotivasi dengan adanya pelatihan tersebut, selain pelatihan olahan juga pelatihan pengembangan kemasan yang sudah di laksanakan pada 26 -27 Nopember 2020,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pelatihan dan praktek yang di laksanakan membuat produk olahan sari buah menjadi permen yang terbuat dari bahan buah Jambu Biji, Nanas, Mangga dan jenis buah buahan lainnya. (onz).

 

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari Baru Pembagian Honor penanggulangan Covid-19 di kelurahan Bojongsari Baru yang dikucurkan melalui anggaran APBD kota Depok, sebesar Rp.100 juta menuai aksi...

Sorotan

 Dapur Remaja Radio|Bedahan. Lumbung Pangan kelurahan Bedahan telah mendistribusikan 425 paket sembako kepada posko kampung siaga Covid-19 kelurahan Bedahan, kecamatan Sawangan, Depok .  “Alhamdulillah...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Dumek. Laporan: Adi Onez. Ngobrol kita Pagi Ini (Ngopi) adalah sebuah Program Radio Dapur Remaja yang hadir setiap hari dari Senin sampai...

%d blogger menyukai ini: