Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekonomi

Sasuma Meminta Agar Gedung Bekas Pengolahan Belimbing di Kelola Untuk Produksi UMKM.

Dapur Remaja Radio| Sawangan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengunjungi kantor sekretariat UMKM Sawangan Sukses Bersama (Sasuma) kecamatan Sawangan, dalam rangka mensuport sekaligus memberikan apresiasi kepada pengusaha UMKM dalam situasi Covid-19 yang terus bertahan.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terus mensuport kepada UMKM Sasuma (Sawangan Sukses Bersama) untuk terus selalu bersemangat menjadi kelompok usaha UMKM yang tangannya diatas di tengah kondisi pandemi saat ini.

“covid ini kita lagi perang, kalau dulu kita perang dengan manusia lebih jelas lebih gampang untuk membunuhnya, nah, corona ini seperti memerangi angin kosong, awalnya masyarakat mengira covid ini seperti penyakit demam berdarah, selesaikan saja masalah kesehatannya sudah cukup, tetapi ternyata virus corona ini begitu panjang dalam penanganannya,”Jelas Ridwan kamil yang akrab di sapa kang Emil, pada Jumat (2/10).

Dengan terjadi wabah Corona saat ini berdampak kepada masalah ekonomi khusunya kepada pengusaha kecil, karena wabah Covid-19 mengharuskan manusia untuk menghindari pertemuan, mengatur jarak dan wajib untuk tidak saling berinteraksi.

“akibat nya dengan mengurangi interaksi dan mengurangi pertemuan disitulah terjadinya asal muasal krisis ekonomi, saat manusia tadinya bertemu berinteraksi, secara transaksi lebih lancar kini, kita di haruskan seperti ini sehingga jual beli menjadi kendala,”jelasnya.

Semntara, dampak yang terjadi di Jawa Barat begitu besar, sehingga yang sebelumnya tangan dibawah hanya 25 persen kini meningkat menjadi lebih dari 73 persen dari jumlah 50 juta penduduk di Jawa Barat.

“bayangkan saja saat ini manusianya sudah 3/4 rakyat Jabar tangannya di bawah, maka pemerintah yang tadinya anggarannya untuk membangun jalan jembatan taman dan sekolah tidak bisa karena 3/4 warganya harus hidup dengan pemberian (bantuan-red) apa adanya,”bebernya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ditempat yang sama, Mustofa Dwi Putra selaku ketua Sasuma kecamatan Sawangan mengucapkan banyak terimakasih kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang telah hadir di kantor Sekretariat Sasuma (Sawangan Sukses bersama), dengan kedatanganmnya yang paling terpenting adalah dukungan yang konkrit terhadap pengusaha UMKM sekaligus di permudahkan untuk mengajukan permodalan melalui Bank Jawa Barat (bjb) bagi anggota UMKM.

“kedatangan Gubernur Jawa Barat sebagai tindak lanjut dari prasasi Sasuma yang dipercaya produksi masker sebanyak 25 ribu yang di pesan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil di Jawa Barat, yang kedua, kita di nilai cukup aktif, aktif karena ditengah pandemi gini kita masih punya geliat kegiatan yang cukup tinggi,”ucap Mustofa kepada Dapur Remaja Radio.

Sebelumnya lanjut Mustofa,Sasuma telah membuat ivent lomba disain Hijab khas Sawangan, dan juga telah mendapatkan apresiasi oleh walikota Depok.

“hijab Sawangan ini yang kita harapkan nantinya akan menjadi semacam produk massal, dan juga sudah diapresiasi oleh Walikota saat itu, rencananya ini akan diproduksi massal, begitu kemarin ada 15 desain yang masuk 3 besar yang kita berikan apresiasi termasuk juga uang pembinaan,”imbuhnya.

Mustofa meminta kepada Gubernur untuk aset yang ada di Sawangan untuk bisa di manfaatkan sebagi tempat produksi, terutama rumah produksi yang ada di wilayah kelurahan Pasir Putih, bekas pengolahan belimbing.

“itu yang sedang kita minta, untuk kita manfaatkan sehingga bangunan yang terbengkalai akan di manfaatkan sebagi tempat produksi, produk UMKM Sasuma.selain tempatnya luas juga sudah komplit dengan peralatannya,”harapnya.(das/dr)

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari Baru Pembagian Honor penanggulangan Covid-19 di kelurahan Bojongsari Baru yang dikucurkan melalui anggaran APBD kota Depok, sebesar Rp.100 juta menuai aksi...

Sorotan

 Dapur Remaja Radio|Bedahan. Lumbung Pangan kelurahan Bedahan telah mendistribusikan 425 paket sembako kepada posko kampung siaga Covid-19 kelurahan Bedahan, kecamatan Sawangan, Depok .  “Alhamdulillah...

Berita

Dapur Remaja Radio|Pontir. Merasa tidak cocok dengan pemilik Rumah Bersalin dan Kelinik 24 jam Paguyuban warga RT 03 RW 03 Jalan Pendidikan Serua Bulak...