Connect with us

Hi, what are you looking for?

Covid-19

Pokja Kelurahan Sehat, Covid-19 di Kelurahan Pasir Putih Turun Drastis.

Kepala UPT Puskesmas Pasir Putih dr Nuni, (Tengah) Ketua Pokja Kelurahan Sehat H. Daud Maulana (kanan), Kasi Kemasyarakatan dan Pelayanan Kelurahan Pasir Putih, Nur Cahyo (kiri). foto, nez

Dapur Remaja Radio| Pasir Putih.

Pembangunan kesehatan pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk, agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi tingginya.Kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Depok gelar acara penguatan melalui rapat koordinasi Pokja kesehatan.

“saya dari Puskesmas Pasir Putih untuk membantu di acara Forum Kelurahan Sehat (FKS) sekaligus melakukan penguatan kelembagaan ini , masyarakat diharapkan mampu berperan sebagai pelaku pembangunan kesehatan dalam menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatannya sendiri serta berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat di lingkungannya, terutama masalaha ODP Covid-19 dan kebersihan lingkungan,”beber ketua Puskesmas dr Nuni kepada Dapur Remaja Radio, Pada Senin (16/11/2020).

Dikatakan dr Nuni, Harapan ini dapat terwujud apabila masyarakat diberdayakan sepenuhnya melalui berbagai upaya, dimulai dengan keterbukaan masyarakat terhadap informasi kesehatan yang seluas-luasnya, adanya lingkungan yang menunjang dan kemudahan dalam memperoleh akses pelayanan kesehatan.

“kami cuma ikut membantu forum kelurahan sehat (FKS) untuk masalah kesehatan, baik masalah sampah, sementara untuk Puskesmas sendiri masalah kesehatan yang nanti akan di bawa ke musrenbang tahun depan.

Rapat pokja kesehatan kelurahan, sambung dr Nuni, bukan masalah kesehatan saja seperti, kolaborasi kerja lintas sektor, kesehatan Puskesmas juga masuk didalam sehingga bisa membantu tercapainya visi misi kota Depok khusunya kelurahan Pasir Putih.

Rapat yang di ikuti oleh, Kepala Puskesmas Pasir Putih dr Nuni, Ketua Pokja Kelurahan Sehat H. Daud Maulana, Kasi Kemasyarakatan dan Pelayanan Kelurahan Pasir Putih, Nur Cahyo, Kader Posyandu, Kader Kesehatan dan perwakilan ketua RW.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ketua Pokja Kelurahan Sehat H. Daud Maulana mengatakan, kegiatan ini adalah program turunan kota sehat kota Depok, Sebagai pokja kelurahan sehat kelurahan Pasir Putih untuk melaksanakan tatanan kesehatan yang dilaksanakan oleh kota Depok, salah satunya bagaimana menciptakan lingkungan kelurahan yang bersih Nyaman, Aman dan Sehat, sehingga masyarakat bisa hidup dan berinteraksi dengan baik.

“inikan program turuna kota sehat, sebagai ketua pokja kelurahan sehat harus melihat dan bagaimana menciptakan lingkungan di kelurahan yang bersih sehat dan aman,”jelasnya.

Menurutnya, lanjut H, Daud, Permasalahan kesehatan tidak hanya dari fisik, juga segi lingkungan yang diperhatikan, seperti titik banjir, tempat sampah sembarangan menjadi perhatian bersama sehingga menciptakan lingkungan yang lebih baik dan sehat.

“rapat kali ini bagai mana kita bisa melakukan penekanan terhadap kebersihan dan penekanan penyebaran virus Cornona, sehingga tidak lagi terjadi penyebaran yang masif di kelurahan Pasir Putih, dan bisa menditeksi apa yang harus di lakukan mengenai kesehatan warga, utamanya adalah Covid-19,”pungkasnya.

H. Daud menjelaskan untuk kasus terkonfirmasi wabah corona di kelurahan Pasir Putih sangat siginpikan penurunannya. Hal inilah yang harus terus dilakukan oleh pemerintah kota Depok dalam hal ini Dinas Keshatan dan Puskesmas Pasir Putih untuk terus mengimbau dan sosialisasi protokol kesehatan (Prokes) terutama laksanakan 3M, Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak.

“Alhamdulillah covid-19 di kelurahan Pasir Putih terus menurun, karena puskesmas dan Dinas kesehatan terus melakukan penekanan dan imbauan kepada masyarakat untuk terus melakukan protokol kesehatan, terutama melaksanakan 3 M,”jelas H. Daud.

Jagalah kesehatan, gunakanlah masker jika keluar rumah, cuci tangan dan tetap jaga jarak di musm penghujan saat ini H. Daud mengajak untuk terus bebenah dan waspada terhadap kebersihan lingkungan untuk menghindari dari serangan DBD.(nez)

 

 

Advertisement. Scroll to continue reading.

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari Baru Pembagian Honor penanggulangan Covid-19 di kelurahan Bojongsari Baru yang dikucurkan melalui anggaran APBD kota Depok, sebesar Rp.100 juta menuai aksi...

Sorotan

 Dapur Remaja Radio|Bedahan. Lumbung Pangan kelurahan Bedahan telah mendistribusikan 425 paket sembako kepada posko kampung siaga Covid-19 kelurahan Bedahan, kecamatan Sawangan, Depok .  “Alhamdulillah...

Berita

Dapur Remaja Radio|Pontir. Merasa tidak cocok dengan pemilik Rumah Bersalin dan Kelinik 24 jam Paguyuban warga RT 03 RW 03 Jalan Pendidikan Serua Bulak...