Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Banjir Bandang di Bogor Dan Sukabumi Akibat Hujan Lebat

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana (PB) Dinas Damkar Kota Depok Denny Romulo Hutauruk

Dapur Remaja Radio|Depok.

Hujan lebat yang terjadi tanggal 21 September 2020 telah terjadi Banjir bandang di wilayah Kabupaten Bogor, Kota Depok dan Sukabumi yang diakibatkan oleh curah hujan intensitas tinggi hingga 110 mm dalam periode 4 jam (15.00-19.00 wib) teramati di Citeko. Hujan lebat ini dipicu oleh kondisi atmosfer yang labil dan diperkuat dengan adanya fenomena gelombang Rossby ekuatorial serta adanya daerah pertemuan angin  (konvergensi).

Kombinasi dari ketiga fenomena atmosfer ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar Jawa Barat. 

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana (PB) Dinas Damkar Kota Depok Denny Romulo Hutauruk mengatakan, hujan deras yang mengguyur Bogor dan Depok pada Senin (21/9/2020) kemarin tidak mengakibatkan terjadinya banjir di wilayah Depok.

“Alhamdulillah Depok aman (tidak banjir). Cuman ada sejumlah pohon tumbang, dan itu sudah kami atasi,” kata Denny kepada dapurremaja.com, via Watsapp, Selasa (22/9/2020). 

Meski tidak ada banjir, ucap Denny, pihaknya terus mengantisipasi wilayah-wilayah yang rawan banjir di Kota Depok. 

“Karena itu kami minta kepada warga Depok khususnya agar selalu waspada akan terjadinya musibah banjir, tanah longsor dan pohon tumbang,” pungkasnya.

Sebab, menurut Denny, berdasarkan informasi BMKG, selama September hingga Oktober 2020 merupakan periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan yang masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia, termasuk di Depok.

“BMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan diprediksikan akhir bulan Oktober ini,” jelasnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Denny berharap, masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. (adi).

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari Baru Pembagian Honor penanggulangan Covid-19 di kelurahan Bojongsari Baru yang dikucurkan melalui anggaran APBD kota Depok, sebesar Rp.100 juta menuai aksi...

Sorotan

 Dapur Remaja Radio|Bedahan. Lumbung Pangan kelurahan Bedahan telah mendistribusikan 425 paket sembako kepada posko kampung siaga Covid-19 kelurahan Bedahan, kecamatan Sawangan, Depok .  “Alhamdulillah...

Berita

Dapur Remaja Radio|Pontir. Merasa tidak cocok dengan pemilik Rumah Bersalin dan Kelinik 24 jam Paguyuban warga RT 03 RW 03 Jalan Pendidikan Serua Bulak...