Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Musim Kemarau Datang Air Bersih Mulai Berkurang Bau Sampah TPA Semakin Meningkat

Sampah Plastik yang terbang akibat terbawa angin Puyuh. (gambar: sawangan__info)

dapurremaja| Pasir Putih.

Memasuki musim kemarau air bersih sudah mulai berkurang ditambah bau sampah yang menyengat dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung hampir setiap hari dirasakan warga kelurahan Pasir Putih dan sekitarnya.

Sementara warga terus berharap kepada Pemerintah kota (Pemkot) untuk segera mengatasi sampah yang semakin memprihatinkan.

Sebelumnya, gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) memberikan sinyal positif terhadap permintaan Pemerintah Kota Depok agar bisa menggunakan TPPAS Lulut Nambo (Nambo) Kabupaten Bogor meski saat ini proses konstruksi masih berjalan. Menurut dia, Depok bisa membuang sampah ke Nambo pada Oktober tahun ini.

“Sudah boleh mungkin Oktober sedang difinalisasi,” kata dia di Gedung Sate, Senin 16 September 2019, dilansir dari pikiranrakyat.com.

Belum lagi adanya sampah pelastik yang terbang akibat terbawa angin puyuh, penampakan ini menambah lengkap kondisi cuaca yang panas.

Kejadian ini pun sempat direkam oleh warga yang terpantau melalui akun TikTok sawangan__info “Sampah beterbangan dari TPA Cipayung mengarah ke pasir putih Sawangan siang ini (06/08) Tumben nih sampah pada beterbangan ? padahal anginnya tidak terlalu kencang siang ini di Sawangan dan sekitarnya?”tulis di keterangan tersebut.

Belum lama ini komisi C DPRD kota Depok melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke TPA Cipayung yang didampingi lansung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) pada tanggal 2 Agustus 2023.

Sebenarnya kunjungan ini menjadi harapan besar bagi warga kelurahan Pasir Putih untuk segera mangatasi sampah yang terus meringsek ke wilayah kelurahan Pasir Putih kecamatan Sawangan, Depok.

“Janganlah TPA dijadikan tempat pencitraan semata, apalagi ini adalah tahun Politik, kami warga sudah bosan dengan banyaknya janji tapi tidak ada solusi, dari persoalan pembuangan sampah ke Nambo, pembelian alat pengolahan sampah dan lain-lain,”ucap Soleh warga RW 04 kelurahan Pasir Putih, pada Rabu (23/8/2023).

Dari semua itu yang dijanjikan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok lanjut Soleh, sampai saat ini belum ada rencana yang dijalankan, bau sampah dan penurapan kali Pesanggrahan masih saja menjadi catatan.(**)

Editor: Supiyadi Ahmad

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Berita

Dapur Remaja Radio |Bedahan. Kolam renang waterboom Putri Duyung Depok yang berada di Jalan Bungsan No 50 kelurahan Bedahan Sawangan Depok memberikan promo khusus...

Hiburan

DRR|Cinangka. Ternyata menjadi penyiar itu banyak tantangan dan pengalaman seru, terutama bagi penyiar yang hobi memancing ini, pria asal Garut yang sekarang bermukim dikawasan...

Pemerintahan

dapurremaja| Pasir Putih. Program pemberdayaan masyarakat kelurahan Pasir Putih gelar acara sosialisasi pencehagan penularan HIV pada ibu hamil yang dilaksanakan pada, Selasa (25/7/2023) bertempat...