Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Pantau Pembangunan IKN, Presiden Jokowi Wujudkan Target Operasional 2024

IKN Nusantara (Gambar:Istimewa)

Dapur Remaja Radio| Kalimantan.

Ibu kota Indonesia akan dipindah dari DKI Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dan persiapannya terus dimatangkan. Pembangunan IKN wajib sesempurna mungkin karena akan merepresentasikan wajah Indonesia. IKN dinamakan ‘Nusantara’ dan menjadi kota yang ultra modern yang dinamis.

Presiden Jokowi memantau langsung proses pembangunan IKN Nusantara. Beliau datang langsung ke Penajam Paser Utara yang akan menjadi lokasi IKN untuk meninjau Perumahan Menteri, tanggal 23 Februari 2023. Selain itu peninjauan juga dimaksudkan untuk memastikan pembangunan IKN akan sesuai dengan target yang ditetapkan.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa proyek pembangunan IKN bukanlah proyek jangka pendek dan akan memakan waktu pembangunan 10 hingga 15 tahun mendatang. Meski demikian, Presiden menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur IKN sudah mulai dikerjakan di lapangan. Beliau optimis pembangunan akan sesuai dengan target, baik infrastruktur maupun rumah menterinya.

Presiden Jokowi melanjutkan, jangan ada masyarakat yang ragu (akan pembangunan IKN) karena di Penajam proyeknya terus berjalan. Salah satu infrastruktur yang telah dimulai pembangunannya adalah perumahan untuk para menteri. Presiden memberikan target bahwa pembangunan 36 rumah menteri tersebut harus selesai pada Juni 2024 mendatang. Ada target 17 Agustus 2024 ada upacara bendera di Ibu Kota Negara (Nusantara).

Presiden Jokowi bermalam di IKN Nusantara bersama dengan Ibu Iriana, dan melanjutkan kunjungannya tanggal 24 Februari 2023. Beliau menyatakan bahwa akan dibangun Pusat Latihan Sepak Bola di IKN.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menyatakan bahwa proyek IKN akan berprinsip pada pembangunan hijau yang seiring dengan pemulihan lingkungan Kalimantan Timur. Nantinya fungsi lingkungan hidup akan benar-benar terjaga.

Dalam artian, pembangunan IKN benar-benar sesuai dengan keseimbangan lingkungan dan menaati aturan yang berlaku. Tidak akan ada pembangunan yang merugikan masyarakat dan membuat mereka kehilangan hutan yang menjadi kebanggaan warga Borneo. Pembangunan dipastikan akan menjaga lingkungan, dan IKN memang di-setting menjadi forest city.

Forest city sesuai dengan perintah Presiden Jokowi, bahwa 75% pembangunan IKN harus hijau. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan membuat tempat persemaian sehingga nanti tumbuh bibit-bibit pohon yang sehat. Lokasi persemaian bibit pohon ada di Desa Mentawir, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dan luasnya sebesar 35 hektar.(Janu Farid Kesar)

Penulis adalah kontributor Ruang Baca Nusantara

Comments

Anda Mungkin Juga Suka

Berita

Dapur Remaja Radio |Bedahan. Kolam renang waterboom Putri Duyung Depok yang berada di Jalan Bungsan No 50 kelurahan Bedahan Sawangan Depok memberikan promo khusus...

Sorotan

Dapur Remaja Radio|Bojongsari. Sebanyak 13 RT dari 26 RT di Kelurahan Bojongsari Baru serahkan jabatan dan stempel kepada lurah Bojongsari, Bojongsari Depok, pada Rabu...

Hiburan

DRR|Cinangka. Ternyata menjadi penyiar itu banyak tantangan dan pengalaman seru, terutama bagi penyiar yang hobi memancing ini, pria asal Garut yang sekarang bermukim dikawasan...

Hiburan

Dapur Remaja Radio| Bedahan Bakalan seru ni, obyek wisata air kolam renang Putri Duyung Depok yang berada di Jl Bungsan kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan,...